Sukses

Resmikan Tol Becakayu, Jokowi Didampingi Anies Baswedan

Anies tiba di lokasi peresmian tol di Jatibening, perbatasan Jakarta-Bekasi, pukul 07.35 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).

Pantauan Liputan6.com, Anies tiba di lokasi peresmian tol di Jatibening, perbatasan Jakarta-Bekasi, pukul 07.35 WIB. Dia datang setengah jam sebelum Jokowi dijadwalkan tiba di lokasi.

Setiba di lokasi, Anies langsung bersalaman dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono dan sejumlah pejabat terkait.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu lalu ikut mengenakan rompi dan helm proyek yang telah disediakan.

Selain Anies, Jokowi turut didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Tol Becakayu terdiri dari dua seksi yaitu Seksi I (Kasablanka-Jaka Sampurna) dan Seksi II (Jaka Sampurna-Duren Jaya). Panjang Seksi I adalah 11 km, dan Seksi II 10,04 km.

Saksikan video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Mangkrak Selama 16 Tahun

Adapun total investasi di tol Becakayu mencapai Rp 7,2 triliun dan badan usaha pengelolanya adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM).

Tol Becakayu ini menjadi satu dari 24 ruas tol yang mangkrak pembangunannya sejak 1998 atau 16 tahun lalu.

PT KKDM sendiri telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada tanggal 16 Desember 2011 dengan masa konsesi untuk pengusahaan jalan tol ini adalah selama 45 tahun.

PT Waskita Karya Tbk adalah pemegang 60 persen saham PT KKDM, sisanya badan usaha lainnya yakni PT Tirtobumi Prakarsatama (14,97 persen), PT Citra Mandiri Sukses Sejati (12 persen), PT Remaja Bangun Kencana (6 persen), PT Indad Utama (6 persen) dan PT Jasa Marga (1,03 persen).

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.