Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Cerita Jokowi Naik Trail Tinjau Tambak Udang di Muara Gembong

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali beraksi mengendarai motor trail saat meninjau tambak udang dan lahan hutan mangrove di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Ia mengaku mengendarai trail lantaran lokasi tempat meninjau tambak udang tidak dapat diakses dengan mobil.

Terlebih, lokasi tambak udang hanya bisa dicapai dengan melalui jembatan yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. "‎Ya memang jalannya enggak ada, apa suruh jalan kaki kalau jalan berapa kilo dan kembatannya tadi sempit," ujar Jokowi, Rabu 1 November 2017.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku telah terbiasa mengendarai motor trail. Spesifikasi motor trail yang dikendarainya kini berbeda dengan trail yang Jokowi gunakan saat memantau jalanan Trans Papua beberapa waktu lalu.

"‎(Ditanya) Kesulitan enggak Pak? Ah sudah biasa motor trailnya yang dulu dipakai lagi, nanti punya baru lagi belajar lagi‎," ucap dia.

‎Ada tiga lokasi perhutanan sosial yang diresmikan Jokowi hari ini. Yaitu, satu lokasi di Muara Gembong dan dua lokasi di Teluk Jambe, Kabupaten Karawang.

 

2 dari 2 halaman

Serahkan SK

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemanfaatan hutan serta SK pengakuan dan perlindungan kemitraan kehutanan kepada masyarakat dari Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Teluk Jambe, dan Kabupaten Karawang.

"Jadi izin pemanfaatan hutan ini tolong dipegang betul. Ini sampai 35 tahun pegang. Nanti kalau betul-betul dimanfaatkan produktif menyejahterakan, diperpanjang 35 tahun lagi. Artinya sudah sebetulnya saudara-saudara memiliki hak untuk mengerjakan. Status hukumnya juga jelas. Jadi enggak usah demo lagi ke istana," kata Jokowi di lokasi.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
Loading