Sukses

Diiringi Marawis, PKS Daftar Pemilu 2019 ke KPU

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Mustafa Kamal, partai berbasis Islam ini mendatangi KPU RI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2017).

Saat tiba di KPU RI, Sekjen PKS beserta jajaran diarak pendukungnya. Mereka berjalan dari Jalan Sumenep, Menteng, menuju KPU RI dengan diiringi lagu-lagu marawis.

Perjalanan kurang lebih satu kilometer tersebut, menurut Mustafa, menjadi bagian dari awal perjuangan PKS untuk maju ke Pemilu 2019.

"Kita bersalawat dan berjalan. Semangat gigih berjuang memenangkan Pemilu 2019. Tadi dari Jalan Sumenep tadi kami jalannya," ujar Mustafa saat tiba di Gedung KPU RI.

Mustafa mengatakan, PKS membawa sekitar 44 boks dokumen berwarna hijau. Boks tersebut diketahui berisi persyaratan pendaftaran peserta Pemilu 2019.

"Yang kami kumpulkan dengan kontainer hijau itu berbagai persyaratan. Kita siap verifikasi berkas dari kabupaten, kota dan provinsi. Sebagai parpol yang pernah ikut pemilu sebelumnya, kami hanya lakukan verifikasi berkas, bukan seperti partai baru yang verifikasi faktual," kata dia.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Parpol Telah Daftar Pemilu

PDIP mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2019 ke KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 11 Oktober 2017.

Pendaftaran ini diwakili Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Andreas Pareira, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan sejumlah kader lain.

Kedatangan perwakilan PDIP di KPU ini juga dimeriahkan sejumlah pendukung yang menampilkan berbagai ciri khas pakaian daerah di Nusantara.

Sementara pada Selasa, 10 Oktober 2017, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2018 di KPU RI. Ketua Umum PSI Grace Natali bersama kader PSI lain, seperti Tsamara Amany, Isyana Bagoes Oka, dan Giring Ganesha berjalan dari basecamp PSI di Jl Lembang, Jakarta Pusat, hingga ke Kantor KPU di Menteng.

Mereka dan 20 kader PSI lainnya berjalan dari Jalan Lembang, Menteng sekitar pukul 09.50 WIB dan sampai di Kantor KPU RI sekitar pukul 10.10 WIB. Tarian dari Sumatera Barat menjadi pembuka perjalanan mereka dan Tarian Papua sebagai penutup saat mereka sampai di kantor KPU.

Saksikan video di bawah ini:

Loading