Sukses

Ini Aliran Dana Penipuan First Travel Temuan PPATK

PPATK menyebutkan aliran dana First Travel digunakan untuk berbagai keperluan bisnis dan pribadi sang pemilik.

Patroli, Jakarta - Mobil-mobil berbagai jenis dan merek disita kepolisian dari tangan bos First Travel, lantaran dibeli menggunakan uang para calon jemaah umrah. Bukan hanya mobil, rumah mewah pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan yang berada di Kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, pun dibeli menggunakan uang jemaah yang dihimpunnya sejak 2011.

Seperti yang ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Jumat (25/08/2017), terkait aliran dana First Travel, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK menyebutkan telah menelusuri aliran penggunaan yang dilakukan bos travel sejak awal pendirian First Travel pada 2011 hingga saat ini.

Menurut PPATK, ada tiga jenis aliran dana First Travel yang telah ditelusuri. Aliran pertama untuk kebutuhan jasa travelnya, seperti pembelian tiket hotel, tiket pesawat, dan akomodasi lainnya.

Kedua untuk diinvestasikan bisnis lainnya, seperti pembelian restoran di London, Inggris. Dan terakhir, dana First Travel digunakan untuk keperluan pribadi, seperti pembelian rumah, kendaraan, hingga berlibur.

Ketiga tersangka penipuan First Travel memang kerap mengumbar gaya hidup glamornya. Sang direktur, Anniesa Hasibuan kerap memamerkan foto dirinya yang menggunakan barang-barang mewah bermerek, seperti tas, sepatu, dan busana.

Sementara sang adik, Kiki Hasibuankerap berpelesiran ke mancanegara. Belakangan terungkap, pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan memiliki restoran di Inggris senilai Rp 15 miliar.