Sukses

Kendaraan Pemudik Terus Tiba ke Merak, Butuh 2 Jam Masuk Feri

Sambil menunggu kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Merak, para pemudik terlihat antre dengan tertib hingga mendapatkan giliran naik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemudik kendaraan pribadi yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terus berdatangan. Hal ini memicu kepadatan di Dermaga I, II, III, IV, V, dan VI.

Seperti dikutip dari Antara, ribuan kendaraan pribadi telah memadati dermaga Pelabuhan Merak sejak Jumat (23/6/2017) dini hari dan hingga kini masih membeludak.

Sambil menunggu kapal yang akan bersandar di pelabuhan, para pemudik terlihat antre dengan tertib hingga mendapatkan giliran naik ke atas kapal.

Kendaraan pribadi didominasi nomor polisi B yang berasal dari wilayah Tangerang, Jakarta, Depok, dan Bekasi.

"Setelah antre sekitar dua jam, kami segera naik ke atas kapal untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni," kata Sudjito, pemudik dengan kendaraan pribadi saat melintas di Dermaga II Pelabuhan Merak.

Sudjito bersama keluarga dari Jakarta akan mudik ke kampung halaman di Bengkulu untuk merayakan Lebaran 1438 Hijriah.

Ia memilih berangkat pada siang hari untuk menghindari kemacetan dan kepadatan kendaraan.

Perjalanan dari Jakarta hingga Pelabuhan Merak berjalan lancar, meskipun sempat tersendat saat memasuki antrean di pelabuhan.

"Kami berharap mudik tahun ini lebih lancar karena petugas pengamanan begitu banyak, termasuk di Pelabuhan Merak," ujarnya.

Begitu pula Samsul Bahri, pemudik lain di Dermaga III Pelabuhan Merak, mengaku dirinya sudah dua jam mengantre dan kini diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Ia bersama anggota keluarga dari Tangerang menuju Kota Bumi Lampung Utara dan memilih menyeberang siang hari.

Sebab, jika menyeberang siang hari, ia bisa tiba di kampung halaman sekitar pukul 16.30 WIB.

"Kami jika mudik ke kampung dipastikan siang hari karena kalau malam hari dipastikan terjadi kemacetan hingga berjam-jam," katanya.

Humas ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo, mengatakan pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan agar arus mudik Lebaran berjalan lancar tanpa hambatan dan kendala.

Selama ini, perjalanan penyeberangan Merak-Bakauhenhi secara umum lancar sehingga tidak terjadi antrean panjang.

"Kami minta petugas lapangan bekerja keras untuk memberikan pelayanan warga yang menggunakan jasa penyeberangan dengan selamat sampai tujuan," kata Mario.



Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.