Sukses

Kapolri Siapkan Skenario Pengamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2017

Bersama sejumlah pihak terkait, Kapolri Tito Karnavian bahas persiapan jelang arus mudik dan arus bali Lebaran 2017

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama pihak Pertamina, Ditjen Perhubungan Darat, pihak Jasa Raharja dan instansi lakukan rapat koordinasi membahas persiapan menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Terutama menyangkut keamanan dan kepadatan kendaraan di sejumlah titik rawan macet.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (8/6/2017), dari skenario arus mudik dan arus balik, Tito memperkirakan penumpukan kendaraan arus mudik yang melewati jalur Pantura, akan terjadi di pintu Tol Brebes Timur. Hal ini terjadi karena ada penyempitan jalan menuju tol baru yakni Tol Grinsing.

Mengantisipasi penumpukan kendaraan saat puncak arus mudik, Tito menyarankan agar pemudik tidak pulang serentak, yakni dengan memanfaatkan libur anak sekolah, sepekan sebelum lebaran. Sehingga kepadatan kendaraan menuju kampung halaman, bisa dikurangi.

Tito juga meminta kepada para pemudik, untuk tidak lagi menggunakan sepeda motor ke kampung halaman, tapi memanfaatkan kendaraan mudik gratis yang sudah disiapkan Kemenhub, sejumlah BUMN dan juga pihak swasta yang menggelar mudik gratis.