Sukses

Aksi Siswa SMA Al Izhar dan Kolese Kanisius Jakarta Tebar Gerakan Ragamuda

Memanfaatkan media sosial, para siswa Al Izhar Pondok Labu dan Kolese Kanisius Jakarta menebar gerakan ragamuda demi merawat persatuan.

Fokus, Jakarta - Gerakan ragamuda ini berangkat dari keprihatinan sekolah dan kaum muda atas isu SARA yang belakangan merebak di tengah masyarakat. Kampanye mengambil semangat Pancasila dengan menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan bangsa ini, terbentuk atas inisiasi sejumlah siswa SMA Al Izhar dan SMA Kolose Kanisius Jakarta yang memiliki latar belakang agama yang berbeda.

Seperti ditayangkan Fokus Sore, Senin (5/6/2017), kata Ragamuda berasal dari dua kata ragam dan muda yang menggambarkan generasi muda yang berasal dari beragam latar belakang.

Meski baru dibentuk dalam rangka menyambut hari lahirnya Pancasila 1 Juni lalu hingga hari ini sudah ada lebih dari 8 ribu foto gerakan Ragamuda yang diunggah ke sosial media instagram dengan tanda pagar pluralisme.

Hampir semua posting memperlihatkan anak-anak muda dan kepedulian mereka terhadap semangat pluralisme.

Sebelumnya pernyataan bernada semangat persatuan menyambut peringatan kelahiran Pancasila berawal dari unggahan Presiden Joko Widodo lewat "Saya Indonesia, Saya Pancasila".

Â