Sukses

Gunung Marapi Erupsi 3 Kali, Warga Menjauh Hingga 3 Kilometer

Liputan6.com, Padang - Sepanjang hari ini, Gunung Marapi yang berstatus gunung api aktif di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami tiga kali erupsi.

"Erupsi pertama terjadi pukul 10.01 WIB diikuti abu vulkanik dengan ketinggian 300 meter dari puncak mengarah ke timur," kata Ketua Pengamatan Gunung Api Marapi Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologis (PVMBG) Kota Bukittinggi Hartanto, Minggu (4/6/2017).

Ia mengatakan sepanjang hari ini, gunung yang tampak indah dari Kota Bukittinggi maupun dari Kota Padang Panjang itu sudah mengalami tiga kali erupsi. "Amplitudo letusan mencapai 6 milimeter dengan durasi gempa 35 detik," lanjut Hartanto.

Abu vulkanik yang dikeluarkan akibat erupsi Gunung Marapi menuju ke arah timur, yakni Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Setelah, erupsi pertama, disusul erupsi kedua pada pukul 10.22 WIB dengan amplitudo 4 milimeter durasi 22 detik. Pada letusan kedua ini, abu vulkanik membumbung hingga ketinggian mencapai 700 meter, masih mengarah ke Pariangan.

Letusan ketiga terjadi pada pukul 11,56 WIB, dengan jatuhan abu masih mengarah ke wilayah timur.

Ia mengatakan, saat ini, status Gunung Marapi berada pada level II, sehingga warga diperingatkan agar menjauh sekitar 3 kilometer dari puncak gunung.

"Sampai saat ini, status Gunung Marapi pada tingkat waspada," ujar dia. 

Erupsi Gunung Bromo Mengundang Wisatawan Berswafoto
Loading