Sukses

149 Napi Kabur di Pekanbaru Ditangkap

Mereka yang ditangkap dibawa ke Lapas Anak dan Dewasa di sekitar Lapas Klas II Pekanbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Kerusuhan di Lapas Klas II Pekanbaru mengakibatkan ratusan napi dan tahanan kabur. Petugas keamanan gabungan akhirnya menangkap kembali 149 napi yang sebelumnya kabur.

"Yang sudah tertangkap. Terakhir yang kami dapat informasi 149 orang," ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan Dusak di Kantor Ditjen Pemasyarakatan, Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Mereka yang ditangkap, sementara dibawa ke Lapas Anak dan Dewasa di sekitar Lapas Klas II Pekanbaru. Sampai saat ini para napi yang sempat kabur itu belum dimintai keterangan.

"Untuk pemeriksaan secara formal belum kita lakukan. Karena kondisi, baik yang diperiksa maupun yang memeriksa, belum kondusif. Kita simpan dulu mereka. Mungkin besok kita lakukan pemeriksaan terkait mengapa itu bisa terjadi, dan bagaimana mereka melakukan itu," tutur dia.

Lapas Klas II Pekanbaru ini memiliki kapasitas 561 orang. Tapi saat ini Lapas diisi oleh 1.870 orang.

Dusak juga belum bisa memastikan jumlah napi kabur, karena belum bisa menghitung seluruh napi yang masih berada di lapas, lantaran belum semua napi masuk ke ruangan tahanan masing-masing.

"Dari mereka yang lari, kita belum bisa menghitung berapa jumlahnya, karena belum bisa kita hitung berapa yang ada di dalam," ucap dia.

Di sisi lain, jajaran Polda Riau sudah membentuk tim khusus untuk mengejar napi yang masih kabur. Masyarakat diminta berperan aktif melaporkan apabila melihat orang yang mencurigakan dan diduga kuat merupakan napi yang kabur.

"Kami mengimbau (masyarakat) bukan hanya tenang, tapi kalau melihat diduga tahanan untuk segera melapor," pungkas Dusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.