Sukses

Nanti Malam, SBY Tunjukkan Ketegasan?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memberikan pidato mengenai hubungan Indonesia-Malaysia di Markas Besar TNI di Cilangkap, Rabu (1/9) malam. Mungkinkah pemilihan tempat pidato ini menjadi pertanda SBY akan tegas?

Liputan6.com, Jakarta:  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mulai bersuara keras terkait konflik perbatasan yang kerap muncul antara Indonesia dan Malaysia. di sidang kabinet, menurutnya, batas wilayah maritim antara kedua negara harus segera ditetapkan. Selain itu, insiden terakhir mengenai penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan Indonesia oleh polisi Malaysia yang mencuatkan reaksi keras dan demonstrasi di berbagai pelosok tanah air juga akan ditanggapi.

Terkait dengan itu, Selasa (31/8) kemarin, Rabu malam nanti, presiden juga berencana memberikan politik terkait Malaysia di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia di Cilangkap.  Para pengamat dan pengunjuk rasa menilai sikap presiden selama ini terlalu lembek. Padahal, bukan kali ini saja Malaysia berulah dan menodai hubungan dengan negeri tetangganya. Kalangan DPR pun berharap, pidato politik itu dimanfaatkan untuk mengembalikan kepecayaan rakyat bahwa kedaulatan Indonesia sejajar dengan Malaysia.

Satu tanda tanya pun menyeruak. Akankah pemilihan Mabes TNI sebagai tempat berpidato itu menunjukkan presiden bakal mengambil opsi lebih tegas dalam berdiplomasi dengan Malaysia? (CHR/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini