Sukses

Angkot di Depok Ikut-ikutan Mogok Operasi

Liputan6.com, Depok - a Angkot 06 trayek Terminal Depok - Pasar Cisalak, mogok beroperasi. Polisi pun menerjunkan armada bus, untuk mengangkut penumpang yang terlantar.

Sopir angkot bernama Dell mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap sopir angkutan umum di wilayah Bogor yang tengah mogok massal, akibat keberadaan ojek online dan taksi online.

"Angkutan 06 jalurnya bersinggungan dengan Angkot 41 trayek Kampung Rambutan - Bojong Sari. Kami dapat penumpang juga kebanyakan dari sana. Jadi kami ikut tidak narik penumpang," ujar Dell, Depok, Jawa Barat, Selasa (21/3/2017).

Kalaupun masih ada sopir angkot yang tetap beroperasi mengangkut penumpang, kata dia, mereka akan diminta berhenti dan menurunkan penumpangnya.

Seperti terlihat di Jembatan Panus Depok, angkutan 06 yang tetap beroperasi diberhentikan paksa oleh rekannya sesama sopir angkot. Aksi ini pun sempat menimbulkan ketegangan.

"Tadi ada 06 angkut penumpang. Terus diberhentikan paksa. Penumpangnya disuruh turun," ujar Dell.

Sementara, Sekertaris Organda Kota Depok M Hasyim mengatakan, aksi angkot mogok beroperasi adalah inisiatif dari masing-masing sopir.

"Mereka sejak tadi pagi tidak beroperasi," ucap Hasyim.

Sampai hari ini Organda Depok belum menyatakan sikap untuk turun ke jalan. Menurut Hasyim, Organda masih menunggu keputusan Wali Kota Depok.

"Kemarin sudah ada surat imbauan. Kami masih menunggu langkah tegas Wali Kota," ucap dia.

Namun, Organda Depok mengancam bakal turun ke jalan seperti di berbagai daerah, jika tidak ada ketegasan dari Pemerintah Kota. Sebab, masalah keberadaan ojek online ataupun taksi online berimbas menurunnya pendapatan pengusaha dan sopir angkot.

"Kami sabar menunggu. Kami mengimbau untuk tetap melayani penumpang," ujar Hasyim.

Pantauan Liputan6.com di sepanjang jalan Depok tidak nampak Angkot 06. Para sopir memilih memberhentikan angkotnya di sepanjang jalan simpang Depok. Pemandangan yang sama juga terlihat di Jalan Raya Bogor - Cimanggis.

Penumpang Terlantar

Mogok beroperasinya trayek 41 berimbas terhadap terlantarnya penumpang. Polisi pun berinisatif mengangkut penumpang dengan sejumlah kendaraan yang dimilikinya.

Kasubag Humas Polresta Depok Ajun Komisaris Firdaus mengatakan, polisi menyiapkan tiga mobil dinas jenis tronton dan tujuh kendaraan dinas jenis minibus.

"Antisipasi terkait mogok angkot di Cibinong. Kami siapkan dari tadi pagi," ujar Firdaus.

Sejumlah kendaraan bantuan itu akan berputar di sepanjang jalan Bogor mengarah Kampung Rambutan dan Terminal Depok.

"Ini akan terus berjalan. Sampai angkot mogok berhenti demo, karena memang tuntutan dari polisi dari sisi humanis," Firdaus menandaskan.

 

Loading