Sukses

Gempa 4,0 SR Guncang Sukabumi, Warga Berlarian Keluar Rumah

Gempa di Sukabumi terjadi saat adzan Subuh berkumandang, getarannya terasa hingga Bogor dan Depok.

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi berkekuatan 4,0 Skala Richter (SR) mengguncang Sukabumi, Jawa Barat sekitar pukul 04.47 WIB. Gempa diketahui berpusat di 12 km Barat Laut Kota Sukabumi.

Getaran gempa yang terasa cukup lama dan kencang membuat warga di Kota dan Kabupaten Sukabumi panik.

"Gempa saya rasakan cukup lama dan geteran kencang, kebetulan waktu itu mau ambil air wudu, tanpa berpikir panjang kami sekeluarga langsung keluar rumah," kata salah seorang warga Cikukulu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi Yuli Nadia, Rabu (15/2/2017), seperti dilansir Antara.

Gempa yang terjadi saat adzan Subuh berkumandang ini juga dirasakan mayoritas masyarakat Kota Sukabumi seperti Inda Iswahyuni warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Saat gempa ia hendak melaksanakan Salat Subuh, tiba-tiba melihat lampu gantung bergoyang dan ada suara gemuruh, dia langsung menggendong anaknya kemudian lari keluar rumah.

"Saya masih khawatir terjadi gempa susulan, apalagi getarannya sangat terasa yang lama sekitar tiga hingga empat detik," tambah dia.

Sementara, Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yana Rusyana mengatakan, walaupun gempa bumi tersebut berpusat di Kota Sukabumi tetapi getarannya terasa ke Kabupaten Sukabumi, bahkan informasinya hingga Bogor dan Depok.

"Kami belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan akibat gempa tersebut, tetapi relawan di daerah sudah mulai bergerak melakukan pendataan," kata dia.

Informasi yang dihimpun Badan Meteorologi, Klimatologo dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 4.0 SR itu berlokasi di 6.90 Lintang Selatan - 106.82 Bujur Timur 12 km Barat Laut Kota Sukabumi dengan kedalaman epicentrum gempa 10 km

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini