Sukses

Menhub: Pemudik Natal Lebih Pilih Naik Kereta dan Pesawat

Menurut Budi Karya, lonjakan penumpang juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Soekarno Hatta, Stasiun Senen, dan Gambir.

Liputan6.com, Brebes - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, jumlah pemudik menggunakan moda transportasi bus dan kendaraan pribadi pada libur Natal dan tahun baru berkurang dibandingkan saat Idul Adha beberapa waktu lalu.

"Untuk jumlah pemudik yang menggunakan jalur darat, seperti mobil dan bus memang berkurang meskipun tidak signifikan dari pada libur Idul Adha kemarin," ucap Budi Karya di pintu exit Tol Brebes Timur (Brexit), Jumat 23 Desember 2016 malam.

Menurut dia, faktor yang mempengaruhi berkurangnya pemudik menggunakan jalur darat seperti mobil dan bus lantaran pemudik banyak yang lebih memilih menggunakan kereta api (KA) dan pesawat terbang.

"Sampai Jumat malam data yang kita terima, jumlah pemudik terlihat adanya lonjakan di bandara dan stasiun di Jakarta," dia menambahkan.

Bahkan, kata dia, lonjakan penumpang juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Soekarno Hatta, Stasiun Senen, dan Gambir.

"Bandara terjadi lonjakan penumpang. Begitu juga stasiun terdapat lonjakan 35 persen penumpang dari hari biasa," ujar Budi Karya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.