Sukses

Polri: Ada Upaya Teroris Manfaatkan Aksi 2 Desember

Densus 88 Anti-teror telah menangap sembilan teroris kelompok Abu Nusaibah di Jakarta dan Bekasi beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Densus 88 Anti-teror telah menangap sembilan teroris kelompok Abu Nusaibah di Jakarta dan Bekasi beberapa waktu lalu. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan, kelompok tersebut telah banyak merekrut warga negara Indonesia untuk diberangkatkan ke Suriah.

"Para teroris tertangkap di Bekasi dan di Jakarta Barat total ada sembilan, mereka dapat dikatakan kelompok membentuk Foreign Terrorist Fighter. Banyak warga kita direkrut, diberangkatkan ke Suriah (oleh mereka)," kata Boy dalam acara Indonesia Bebas Anak Jalanan di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2016)

Menurut Boy, mereka yang direkrut rencananya akan menunggangi aksi damai umat Islam di Jakarta. "Berkaitan unjuk rasa, ada sisi pendalaman (polisi) ada upaya mereka (teroris) ingin memanfaatkan momen (demo) 4 November lalu, 25 (November) dan 2 Desember. Kita meningkatkan kewaspadaan," ujar dia.

Kini, lanjut Boy, peningkatan kewaspadaan terhadap serangan asing diharapkan bisa mengeliminasi potensi teror dari mereka yang berafiliasi dengan paham ISIS.

"Perlu kita waspadai terutama kekuatan dari luar negeri, adanya upaya dilakukan dari luar negeri yang kita tidak sadari. Polisi mengedepankan deteksi dini optimal, mempersatukan jaringan intel," Boy memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini