Sukses

Nasihat Istri Gus Dur yang Tak Pernah Dilupakan Jokowi

Tadi disampaikan Kiai Said Aqil Siradj yang satu suku saja bisa berkelahi, bisa berperang, sementara Indonesia memiliki 1.128 suku.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali bertemu dengan para Muslimat Nahdlatul Ulama (NU). Kali ini pertemuan Jokowi dalam rangka Kongres XVII Muslimat NU.

Jokowi kembali mengingatkan para anggota yang didominasi para ibu itu, Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Muslimat juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga keberagaman agar tetap damai.

Ia pun ,mengutip seperti yang disampaikan Kiai Said Aqil Siradj, yang satu suku saja bisa berkelahi, bisa berperang, sementara Indonesia memiliki 1.128 suku. Hal inilah yang harus diingatkan, dijaga, dan dirawat bersama.

"Saya setiap datang provinsi, ke pulau kecil, kabupaten, kota, betul-betul merasakan sekali kita ini memang berbeda-beda, beragam, satu provinsi saja sudah berbeda-beda. Setelah salam, di provinsi Sumatera Utara ada tambahan salam di tingkat kabupaten. Di Nias salamnya ya 'howu,' begitu ke Utara sedikit di Toba beda lagi, di Toba 'horas.' Saya biasa pakai bahasa lokal sedikit. Itu baru satu provinsi, kita punya 34 provinsi betapa beragamnya kita," jelas dia.

Dalam acara itu, hadir pula istri Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Jokowi juga tidak pernah lupa dengan nasihat yang selalu diingatkan kepadanya.

"Beliau selaku mengingatkan saya, inilah anugerah dari Allah yang harus kita jaga kita rawat," Jokowi memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini