Sukses

Disela Forum APEC, JK Temui Presiden Vietnam

Dalam pertemuan itu, JK dan Presiden Vietnam membahas peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi.

Liputan6.com, Peru - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Lima, Peru. Disela-sela forum tersebut, JK melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam Tran Dai Quang, Sabtu, 19 November 2016 dini hari.

Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Hotel Casa Andina, tempat menginap Presiden Vietnam, Jusuf  Kalla didampingi Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, dan Tim Ahli Wapres Sofyan Wanandi.

Sementara itu, Presiden Vietnam didampingi oleh Sekretaris Partai Komite Hanoi Hoang Trung Hai.

Dikutip dari Antara, secara garis besar pertemuan itu membahas peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi. Selain bertemu dengan Presiden Vietnam, JK juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill.

Dalam forum APEC, Wapres dijadwalkan melakukan rangkaian kegiatan AELM, di antaranya APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue, Second Informal Dialogue with the Pacific Alliance, dan dialog informal dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg di Grand National Theater.

Pada hari yang sama Wapres juga akan menghadiri jamuan santap malam dan pertunjukan seni budaya oleh Presiden Republik Peru Pedro Pablo Kuczynski di Park of the Reserve.

Kemudian, pada Minggu, 20 November 2016 bertempat di Lima Convention Center, Wapres akan menghadiri AELM ke-24 yang tahun ini mengambil tema "Quality Growth and Human Capital Development: Foundations for Sustainable Growth in The Asia-Pacific".

Dalam APEC 2016, terdapat tiga isu utama yang menjadi kepentingan nasional dan perlu ditindaklanjuti. 

Isu-isu tersebut yakni tentang kelanjutan pembahasan mengenai kerja sama regional untuk pembangunan di perdesaan dan pengentasan kemiskinan, penerapan cetak biru Konektivitas APEC 2015-2025 dan penguatan kerja sama bidang maritim, demikian keterangan dari Sekretariat Wakil Presiden.

Wapres akan meninggalkan Peru untuk kembali ke Tanah Air pada Selasa, 22 November 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (#APEC), adalah forum ekonomi 21 negara di Lingkar Pasifik.

    APEC

  • presiden vietnam

Video Terkini