Sukses

Saleh PAN Apresiasi Polri Cari Penyebar Berita Hoax

Saleh Daulay PAN khawatir, jika isu hoax tersebut dibiarkan, nama baik kepolisian akan tercemar di mata publik.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi langkah sigap Kepolisian memburu penyebar berita hoax, terkait isi slide dan arahan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk memeriksa Ketua Dewan Pertimbangan PAN Amien Rais. Dia berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Dengan menangkap penyebar berita hoax itu, diharapkan tindakan yang sama tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Apalagi, berita hoax itu langsung membawa nama Kapolri, pemimpin tertinggi di tubuh kepolisian RI," kata Saleh di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Wakil Komisi IX ini khawatir, jika isu hoax tersebut dibiarkan, nama baik kepolisian akan tercemar di mata publik. Padahal, kepolisian telah berhasil menjaga stabilitas dan keamanan pada saat berlangsungnya unjuk rasa pada Jumat 14 Oktober 2016 di depan Balai Kota Jakarta.

"Kepolisian RI tentu memahami bahwa penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh masyarakat dijamin UU. Selama unjuk rasa dilakukan secara tertib, damai, dan tidak anarkistis, hal itu tentu diperbolehkan. Kebebasan menyampaikan pendapat dan aspirasi adalah konsekuensi dari pilihan sistem demokrasi yang dianut oleh Indonesia," papar Saleh.

Menurut dia, tidak ada yang salah dengan penuturan Amien Rais dalam demo tersebut. Saleh menandang Amien hanya menyampaikan imbauan moral agar kepolisian mengusut tuntas dugaan penodaan agama sebagaimana dituntut oleh massa pengunjuk rasa.

"Soal itu, bukan hanya Amien Rais yang meminta. Tetapi banyak elemen masyarakat dan ormas Islam yang telah menyuarakan sebelumnya," ujar Saleh.

Saleh yakin upaya penangkapan penyebar isi berita tak benar itu dapat meningkatkan kondusifitas menjelang Pilkada 2017. Seharusnya, lanjut dia, provokasi dan adu domba dihindari oleh semua pihak.

"Kepolisian kita sangat profesional. Jangankan menangkap pelaku penyebar berita hoax seperti ini, kasus-kasus lain yang jauh lebih sulit pun sudah banyak yang diselesaikan. Saya yakin, tidak perlu waktu lama. Pelakunya pasti segera tertangkap," tandas Saleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini