Sukses

Menhub Jonan: Kemacetan di Jalan Tol Tanya Menteri PU

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menilai kemacetan yang terjadi di jalan tol bukan kesalahan dari institusi yang ia pimpin. Menurut dia, tanggung jawab ada di pundak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera) Basuki Hadimoeljono.

"(Terkait macet di jalan tol) Tanya Pak Menteri PU. Kalau jalan tol itu kewenangannya di BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) dan itu di bawah Pak Menteri PU, jadi silakan tanya. Kalau di luar itu silakan tanya saya," kata Jonan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Jonan berharap tahun depan Kementerian PUPera dapat menyelesaikan proyek jalan tol hingga ke Semarang. Bila sudah sampai Semarang, ia yakin kemacetan bisa lebih terurai.

"Jadi mudah-mudahan tahun depan, kalau tadi Pak Menteri PU menjelaskan bisa sampai Semarang. Kalau bisa sampai Semarang mungkin kemacetannya akan sangat berkurang ya," ujar dia.

Terkait dengan arus balik, Jonan memastikan sampai saat ini situasi jalan masih terpantau lancar. Ia memprediksi gelombang kemacetan akan terjadi Sabtu 15 Juli mendatang.

Mantan Dirut PT KAI itu menjelaskan kondisi jalan di DKI Jakarta masih termasuk sepi. Hal ini dikarenakan libur anak-anak sekolah sampai 17 Juli pekan depan, sehingga masih ada keluarga yang berlibur di kampung halaman. ‎

"Kami sudah antisipasi itu Jumat dan Sabtu, Minggu. Ini terakhir sudah, pasti," Jonan menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini