Sukses

Polisi Terapkan Sistem One Way Kurangi Kemacetan di Cileunyi

Lebih dari 95 ribu kendaraan arus balik melintas di Jalan Raya Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat hari ini.

Liputan6.com, Bandung - Lebih dari 95 ribu kendaraan arus balik melintas di Jalan Raya Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat hari ini. Data tersebut dari penghitungan jumlah kendaraan yang berasal dari kawasan Nagreg menuju kawasan Cileunyi.

Kepala Bagian Operasional Kepolisian Kabupaten Bandung Eko Rianto mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas di kawasan Cileunyi mengalami peningkatan, dibandingkan tahun lalu pada hari yang sama.

"Peningkatan jumlah kendaraan di jalur Nagreg menuju Cileunyi pada hari ini tercatat 95.689 unit kendaraan. Dibanding dengan 2015 sebanyak 34.052. Jumlah ini mengalami kenaikan 181 persen," ujar dia di pos polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/7/2016).

Eko mengatakan, kemungkinan besar jumlah kendaraan akan mengalami peningkatan yang signifikan malam ini hingga besok, karena diperkirakan menjadi puncak arus balik.

Guna mengantisipasi kemacetan arus balik dari kawasan Nagreg hingga Cileunyi, Eko mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem one way atau satu arah. Sehingga mengurangi kepadatan kendaraan dari Tasikmalaya dan Garut.

Kepolisian Kabupaten Bandung menyatakan, jumlah kendaraan yang melintas di kawasan Cileunyi  terdapat pula kendaraan pemudik dari Jawa Tengah. Sementara, catatan dari pintu tol Cileunyi menyebutkan, hampir 22 ribu kendaraan telah memasuki jalan tol yang berada di Timur Kota Bandung ini.

Sementara, pemilik akun Twitter @syamsuy menyebutkan, malam ini arus balik di Cileunyi mengalami kemacetan. "Jl raya Rancaekek-Garut arah Cileunyi macet. #InfoMudik #ArusBalik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini