Sukses

Pintu Palikanci Macet Panjang, Pemudik Nekat Lawan Arah

Padahal, polisi belum berani menerapkan contraflow untuk mengatasi kemacetan di Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Jalur Brebes-Cirebon pada H-2 Lebaran, masih macet. Ekor kemacetan di Brebes, Jawa Tengah sampai ke Pintu keluar Tol Palikanci Cirebon.

"Baik tol maupun Pantura, ekornya sudah mencapai Kanci Cirebon," kata Kapolres Kabupaten Cirebon AKBP Sugeng Haryanto di Cirebon, Senin (4/7/2016).

Menurut dia, salah satu penyumbang kemacetan adalah banyaknya pemudik yang menerobos jalur berlawanan arah (contraflow). Padahal, polisi sendiri belum berani menerapkan contraflow untuk mengatasi kemacetan di Cirebon.

Dia mengaku khawatir jika menerapkan contraflow, pantura bertambah macet. Berbagai upaya juga sudah dilakukan oleh Polres Cirebon.

Salah satunya yaitu mengarahkan pemudik untuk melalui jalur alternatif Playangan Cirebon. Pengalihan tersebut juga tidak selalu diterapkan, namun melihat situasi yang terjadi di Brebes.

"Tadi malam kita buka jalur ke Desa Playangan dan nanti tembus ke Brebes Tengah. Namun untuk hari ini belum kita lakukan," kata Sugeng.

Sementara itu petugas Dishub Kabupaten Cirebon yang berjaga di pintu keluar Tol Palikanci, Darma mengatakan, ekor kemacetan mulai terlihat dari pintu keluar Tol Palikanci sejak pukul 12.30 WIB.

"Kemacetannya kalau dari Palikanci sampai 2 km sampai daerah Bendungan," sebut Darma.

Dia mengatakan kemacetan panjang dari pintu Tol Palikanci juga disebabkan oleh pintu Tol Brebes Timur ditutup. Kendaraan diarahkan keluar melalui Tol Palikanci.

"Jadi mobil dan motor berkumpul arteri pantura Cirebon," ujar Darma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini