Sukses

894 Penerangan Jalan Akan Dipasang di 11 Kecamatan di Depok

Pemasangan akan bergantung dari tingkat kebutuhan dan kerawanan jalanan.

Liputan6.com, Depok - Tahun 2016, Dinas Perhubungan Kota Depok berencana memasang ratusan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah titik di 11 Kecamatan yang ada di Kota Depok. Pemasangan yang akan dimulai pada Juli 2016 ini menghabiskan anggaran miliaran rupiah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, 894 lokasi telah ditetapkan untuk dilakukan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU). Dengan total alokasi anggaran senilai Rp 3 Miliar.

Adapun pembagiannya yaitu, sebanyak 588 unit akan dipasang di ruas jalan utama, kemudian 240 unit dipasang di jalan lingkungan, dan 60 unit lagi dipasang smart system. Sementara sisanya, 6 unit untuk peningkatan pencahayaan persimpangan.

"Harga satuan PJU berbeda-beda tergantung spesifikasi dari lampunya itu sendiri," kata Gandara kepada Liputan6.com, senin (27/6/2016).

Pemasangannya tersebut, lanjut Gandara, akan dilihat berdasarkan skala prioritas yang ada. seperti tingkat volume kendaraan, tipikal jalan, kerawanan kecelakaan dan kriminal, serta berdasarkan usulan Musrembang.

"Pemasangannya dimulai pada bulan depan setelah lebaran. Tahun ini baru selesai lelang. Pemasangannya tergantung kebutuhannya, karena sudah pasti beda-beda, misalnya satu jalan kecil ada perlu lima, ada perlu sepuluh. Tergantung kebutuhannya," terang Gandara.

Dia menuturkan pemasangan ratusan lampu penerangan jalan masih belum ideal untuk memenuhi kebutuhan di sejumlah ruas jalan. Soalnya, sampai hari ini, PJU di Kota Depok baru ada sekitar 11 ribu titik, sedangkan perkiraannya butuh sekitar 20 ribu titik.

"Kalau untuk pemenuhan kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di semua ruas jalan dengan melihat kebutuhan yang ada. Sampai sekarang ini masih jauh dari ideal," ujar Gandara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.