Sukses

Amankan May Day, Ratusan TNI-Polri Mulai Bersiaga di Kawasan CFD

Ronald mengatakan jajarannya akan berkomunikasi dengan para buruh, agar tidak berdemo di kawasan CFD sekitar Bundaran HI.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan hari buruh atau yang lebih dikenal May Day, bakal diikuti puluhan ribu buruh di Jakarta hari ini. Mereka akan melakukan longmarch dan berorasi untuk menyampaikan aspirasi.

Kendati, kepolisian memastikan aksi para buruh tidak akan mengganggu kegiatan Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

"Yang jelas saat CFD ini tidak boleh ada kendaraan yang masuk, ini sudah ketentuannya dan tidak ada yang boleh melanggar ketentuan," kata Kapolsek Menteng Komisaris Ronald Ardiyanto Purba di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Ronald mengatakan jajarannya akan berkomunikasi dengan para buruh, agar tidak demo di sekitar Bundaran HI dan mengganggu aktivitas masyarakat yang lain.

"Kita akan mengajurkan kepada rekan-rekan buruh, sudah kami komunikasikan, masih banyak masyarakat lain yang menggunakan CFD ini," ujar dia.

"Kalau rencana (demo buruh di Bundaran HI) silakan saja, tapi kami akan bernegosiasi untuk tidak masuk ke CFD. Kita pastikan mereka (buruh) tak masuk ke sini," sambung dia.


Ronald menyebutkan ada sekitar 1.300 personel gabungan dari Polri dan TNI, yang akan berjaga di kawasan Bundaran HI dan sekitarnya.

Pantauan Liputan6.com sekitar pukul 07.00 WIB, sejumlah personel TNI maupun Polri mulai menggelar apel pembagian lokasi berjaga.

"Dari jam 08.00 insert kita masuk (jaga di Bundaran HI), sudah di-floating semuanya. Kita sekat dari perempatan Teuku Umar Cokro, perempatan Sutan Syahrir," ujar dia.

"Kita harapkan tidak ada yang masuk di CFD. Kita persuasif, negosiasi, tidak boleh ada kendaraan (masuk ke Bundaran HI), buruh juga tidak," tegas Ronal.

Sementara, masyarakat yang sedang melakukan kegiatan di CFD mengaku tidak khawatir akan adanya demo buruh peringatan May Day hari ini.

"Ya, tahu kok. Tapi nggak takut, biasa aja. Ini aja kan juga lari sama temen-temen," ujar warga yang enggan menyebutkan namanya, sambil berlari bersama teman-temannya.

Hingga pukul 09.00 WIB, belum terlihat adanya demo buruh di Bundaran HI. Masyarakat yang melakukan kegiatan di area CFD berjalan normal dan tetap ramai seperti biasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini