Sukses

HUT ke-97 Damkar, Mendagri Janjikan Kesejahteraan dengan Cara Ini

Tjahjo mengatakan, dengan adanya peningkatan kesejahteraan, para petugas Damkar pun harus siap menghadapi bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada 1 Maret 2016, Pemadam Kebakaran (Damkar) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-97. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri perayaan ini.

Acara yang digelar di Semarang, Jawa Tengah tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo mengakui, pemerintah belum dapat menyejahterahkan para petugas Damkar. Karena itu, dia akan meningkatkan taraf hidup mereka.

"Pemerintah pusat belum memberikan kesejahteraan. Tahun ini akan diupayakan sebuah pendidikan dan profesionalisme yang berkaitan dengan pemadaman, baik di rumah, hutan, atau pun penyelamatan," ujar Tjahjo di Alun-alun Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (1/3/2016).

Karena itu, Tjahjo mengatakan, dengan adanya peningkatan kesejahteraan tersebut, para petugas Damkar pun harus siap menghadapi bencana.

"Maksimal 15 menit sudah harus sampai di tempat musibah," imbau mantan Sekjen DPP PDIP tersebut.

Tjahjo juga meminta agar setiap kecamatan di semua daerah, minimal harus ada 1 mobil Damkar, agar bisa melayani masyarakat.

"Tugas pokok dan fungsi para Damkar kan sudah sangat jelas, yaitu melakukan pemadaman dan penyelamatan warga masyarakat. Karena itu, perlu ada mobil Damkar, minimal 1 mobil di setiap kecamatan dan itu wajib," pungkas Tjahjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.