Sukses

Tahun Baru, Tarif Rental Mobil di Palu Naik Rp 500 Ribu/Hari

Liputan6.com, Palu - Tarif penyewaan mobil di Palu, Sulawesi Tengah, mengalami penaikan signifikan hingga menembus angka Rp 500 ribu per hari.

"Rp 500 ribu tidak untuk semua merek mobil. Rp 500 ribu itu hanya untuk merek mobil Honda Jazz dan Yaris. Untuk merek Avanza, Xenia, APV, dan Inova Rp 400 ribu. Sedangkan pick up Rp 300 ribu," ujar salah satu pemilik rental, Hengki, di Palu, Rabu (30/12/2015).

Dia mengaku tarif sewa jenis Honda Jazz dan Yaris sebelumnya hanya Rp 350 ribu per hari. Sedangkan, harga sewa tipe Avanza, Xenia, APV, dan Inova sebelumnya Rp 250 ribu, dan jenis pick up senilai Rp 200 ribu.

"Penaikan ini sengaja kami lakukan karena menjelang pergantian tahun penyewaan meningkat. Ini sudah terjadi hampir setiap tahun," ucap Hengki.

Secara terpisah, Ruslan, pemilik rental mobil lainnya, menyatakan penaikan tarif penyewaan mobil rental di Palu sudah diseragamkan berdasarkan keputusan bersama pemilik rental sebelum perayaan Natal.

"Dalam keputusan itu, semua pemilik rental sepakat menaikkan harga rental. Namun, tidak menaikkan sempai begitu mahal," kata dia.

Ruslan menyebutkan, menjelang perayaan tahun baru penyewaan mobil rental sangat meningkat. Contohnya, mobil rental yang ada di tempat usahanya hampir semua tersewa.

"Sekarang tinggal 2 Avanza dan 1 Xenia yang tertinggal. Mobil rental lainnya sudah dibawa penyewa," tutur dia.

Pemilik rental lainnya, Dewi menerangkan rata-rata penyewa menggunakan mobil rental untuk pergi berlibur ke luar daerah. Adanya juga yang menyewa untuk kebutuhan pekerjaan dan sebagainya.

"Tapi, kebanyakan orang yang menyewa digunakan untuk liburan dan untuk persiapan perayaan tahun baru ke luar kota," sahut Dewi.

Pemilik rental Makmur, Efendi menambahkan jika mobil rental yang disewakannya sudah ludes tersewa sebelum Natal lalu. Durasi penyewaan bervariasi, antara seminggu hingga sebulan.

"Kalau mereka sewanya lama, dari tarif penyewaan yang sudah disepakati itu mereka dapat diskon," Efendi menerangkan.