Sukses

Insiden Kebakaran Bikin Komnas PA Trauma dan Takut

Komnas PA menanti kejelasan dari kepolisian terkait apakah kebakaran itu terdapat unsur teror, sabotase, atau hanya kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait meminta polisi segera mengumumkan hasil olah TKP kebakaran di kantornya, Sabtu 27 Juni lalu. Belum adanya kejelasan terkait penyebab kebakaran membuat pihaknya merasa trauma dan ketakutan.

"Dalam waktu dekat polisi akan mengumumkan kepada publik. Dan ini (masa menunggu kejelasan) membuat kita terus dalam keadaan trauma dan ketakutan," ujar Arist di Kantor Komnas PA, Jakarta Timur, Kamis (2/7/2015).

‎Ia menanti kejelasan dari kepolisian terkait apakah kebakaran itu terdapat unsur teror, sabotase, atau hanya kecelakaan. Insiden itu diharapkan sebagai sebuah kecelakaan biasa agar pihaknya bisa merasa tenang karena tidak mendapatkan teror.

"Sehingga kita Komnas PA yang terus mengawal kasus Angeline, kasus-kasus kekerasan, kasus anak yang lain bisa dijalankan dengan baik," tutur Arist.

Curiga Teror

Kendati belum mendapat penjelasan dari kepolisian, Arist menduga kebakaran itu sebagai bentuk teror yang disengaja. Apalagi sejumlah saksi mata tidak melihat adanya kemungkinan kebakaran disebabkan dari hubungan pendek arus listrik.
‎
"Sebelum ada penjelasan dari polisi, karena melihat saksi mata itu bukan akibat arus pendek. Nyala api itu dari atas. Jadi saat itu kita sibuk nyelamatin mobil. Sementara warga sekitar membantu nyelamatin selang tabung gas," ungkap Arist.

Terlebih saat kejadian, Komnas PA tengah menangani kasus kematian Angeline yang sangat menggemparkan dunia perlindungan anak. Bahkan kasus tersebut sempat disorot media luar negeri.

"Dan dugaan kita ada api di atas genteng, bentuknya lemparan. Nah patut dong saya duga (sabotase atau teror). Makanya saya butuh penjelasan secepat mungkin. Harapan saya sih itu tidak teror, supaya kita tidak merasa takut," papar dia.

Namun demikian, Arist berharap polisi mengumumkan hasil penyelidikan sesuai dengan fakta. Jika benar bentuk teror maupun sabotase, laporan disampaikan dengan sejujurnya.

Ia juga menegaskan, apapun yang terjadi tidak akan mengendurkan semangatnya melindungi anak-anak. Saat ini, pihaknya hanya membutuhkan kejelasan dari hasil penyelidikan polisi.

"Tapi semisal itu teror ya katakan teror, itu sabotase ya katakan sabotase. Karena itu, orang yang melakukan itu berhentilah. Karena kita tidak akan mundur terhadap ini," tandas Arist.

"Kita tahu risikonya melakukan pekerjaan ini. Karena kita tidak ada kepentingan apapun. Kepentingan kita hanya menyelamatkan anak-anak yang teraniaya," pungkas Arist. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini