Sukses

Pansel KPK Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Pimpinan KPK

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK memperpanjang masa pendaftaran. Sebelumnya ditutup Rabu 24 Juni 2015 menjadi 3 Juli 2015. Penambahan waktu pendaftaran itu membuat jadwal tahapan seleksi juga mengalami perubahan.  

Ketua Pansel Destry Damayanti menjelaskan, perpanjangan waktu pendaftaran dilakukan karena masih ada para pendaftar yang belum melengkapi berkas-berkas yang menjadi syarat pendaftaran.

"Memang saat ini kita sudah terima 234 nama yang sudah tercatat di sekretariat, tetapi masih ada sekitar 54 persen yang belum melangkapi persyaratan administrasinya. Jadi masih lebih 50 persen yang potensial untuk kita bisa langsung diklaim," ujar Destry di Kantor Setneg, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (23/6/2015).

Alasan kedua, lanjut Destry, penambahan waktu tersebut juga akan dimanfaatkan Pansel menerima banyak masukan dari beberapa kunjungan tokoh dan Forum diskusi Grup (FGD) yang digelar di 10 daerah sejak  minggu lalu.

"Dan banyak masukan yang dikirimkan langsung pada kami agar pendaftaran diperpanjang. Ada beberapa alasan seperti mengurus dokumentasi yang ternyata butuh waktu lebih lama," kata dia. ‎

Dengan diperpanjangnya waktu pendaftaran Capim KPK, Destry berharap agar para peserta yang belum melengkapi administrasinya untuk segera melengkapi. Sementara bagi yang belum mendaftar bisa segera mendaftar dengan melengkapi seluruh persyaratan administrasi.

Sebagai konsekuensi karena pendaftaran diperpanjang hingga 3 Juli, lanjut Destry, maka untuk jadwal dan tahapan seleksi KPK juga akan mengalami perubahan.

Berikut jadwal perubahan tahapan proses seleksi Capim KPK terbaru:

1. Batas akhir pendaftaran 3 Juli pukul 12.00
‎2. Pengumuman hasil seleksi administrasi 4 Juli
‎3. Tanggapan masyarakat 4 Juli-3 Agustus
‎4. Makalah tentang diri dan kompetensi 8 Juli
‎5. Pengumuman hasil penilaian makalah 15 Juli
6. Assessment 27-28 Juli
‎7. Pengumuman daftar pendek capim KPK 12 Agustus
8. Tes kesehatan 18 Agustus
‎9. Wawancara 24-27 Agustus
‎10. Penyampaian laporan pansel KPK kepada presiden 31 Agustus.

(Mut/Sss)

Loading