Sukses

Tidak Dirawat, 2 Pulau di Banten Hilang

2 Pulau itu bernama Pulau Karang Gundul dan Pulau Waton.

Liputan6.com, Serang - Provinsi Banten kehilangan 2 pulau tak berpenghuninya. Kedua pulau itu diduga hilang karena terkena abrasi. 2 Pulau itu bernama Pulau Karang Gundul dan Pulau Waton yang berlokasi di perairan Kabupaten Pandeglang.

"Berdasarkan pendataan pertama yang kita lakukan, 2 pulau hilang dan kini hanya terlihat ujungnya saja dari permukaan air," kata Kepala Biro Pemerintahan Banten, Siti Maani Nina, Selasa (16/6/2015).

Ada dugaan, 2 pulau tersebut hilang karena tidak dirawat pemerintah sehingga terkena abrasi.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Pemprov Banten, Pulau Karang Gundul memiliki luas total 85 hektare yang didimonasi karang dengan luas 1,5 hektare di Kecamatan Panimbang.

"Pulau Waton berdasarkan data, luasnya kurang lebih 15 hektare, dan kini hilang," tegasnya. Pulau Waton berada di Kecamatan Sumur.

Berdasarkan data awal di Biro Pemerintahan, Banten memiliki 64 pulau dengan rincian, Kabupaten Pandeglang 34, Kabupaten Serang 17, Kota Cilegon 5, Lebak 7, Kabupaten Tangerang hanya 1 pulau.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Jakarta. Ada 5 pulau di wilayah Kepulauan Seribu yang hilang. Namun, Gubernur DKI Jakarta ogah menyebutnya hilang. Pria yang akrab disapa Ahok itu mengatakan kelima pulau itu tenggelam karena pendangkalan laut.

"Sebenarnya nggak ada pulau yang hilang. Ini semacam terendam saja karena dia dangkal," kata Ahok di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa 7 April. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.