Sukses

Hari Lahir Pancasila, Ribuan Kader PDIP Merahkan Alun-alun Blitar

Peringatan ini dihadiri Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati, dan Wakil Presiden ke-5 Boediono.

Liputan6.com, Blitar - Ribuan simpatisan dan loyalis PDIP memadati alun-alun Kota Blitar, Jawa Timur dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6/2015).

Pantauan Liputan6.com, spanduk dan umbul-umbul bertema Bung Karno menghiasi seluruh pelosok Kota Patria ini di antaranya bertuliskan 'Bung Karno Jiwa Kita', 'Junjung Semangat Bumi Bung Karno Untuk Raih Prestasi Tertinggi'.

"Bung Karno itu lekat di hati kita. Negeri ini tidak akan jadi kalau saat itu beliau tidak punya jiwa patriotisme dan nasionalisme. Saya bangga Bapak Proklamator lahir di kota ini (Blitar)," ujar Sumitro (54) yang mengaku simpatisan PDIP setempat di kawasan alun-alun Kota Blitar, Jawa Timur.

Peringatan ini dihadiri Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan mantan Wakil Presiden Boediono. Selain itu, beberapa tokoh seperti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly beserta Ketua MPR Zulkifli Hasan juga hadir di lokasi perhelatan.

Massa PDIP ikuti peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar, Jawa Timur  (Liputan6.com/ Audrey Santoso)

Peringatan ini juga dimeriahkan permainan gamelan dan langgem Jawa dari kelompok kesenian karawitan Blitar. Alunan musik gamelan bergaung yang diiringi lantunan sinden menambah riah peringatan.

Selain tari dan musik, Pemda Blitar menggelar pesta rakyat ritus upacara Grebek Pancasila, kirab 'Gunungan' dan Festival Tumpengan. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini