Sukses

Shinzo Abe Kunjungi Makam Tentara Jepang di TMP Kalibata

Abe melakukan upacara dan tabur bunga di makam pahlawan Indonesia asal Jepang, Eto Sichio

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe baru saja mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Kunjungan ini merupakan agenda dari rangkaian kunjungan Abe dalam rangka peringatan Konferensi Asia Afrika.

Dalam kunjungannya ke TMP Kalibata, Abe melakukan upacara dan tabur bunga di makam pahlawan Indonesia asal Jepang, Eto Sichio. Eto Sichio dikenal sebagai pahlawan era kemerdekaan yang membantu Tentara Nasional Indonesia.

"Bapak (Eto Sichio) sebelumnya tugas sebagai tentara Jepang. Lalu waktu bertugas di Indonesia, ikut membantu memerdekakan Indonesia," tutur Herianto, anak kandung Eto Sichio di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (22/4/2015).

Herianto mengaku terharu ketika PM Shinzo Abe menaburkan bunga di atas makam ayahandanya. Ia merasa bangga, ayahnya pernah menjadi bagian dari kemerdekaan Indonesia.

"Saya sangat terharu PM Abe mengunjungi makam ayah saya. Saya senang ayah saya menjadi bagian dari kemerdekaan Indonesia," ungkapnya.

Herianto juga menjelaskan sejarah yang membuat ayahnya dapat dimakamkan di TMP Kalibata. "Akhirnya ayah diangkat menjadi prajurit TNI, pangkat terakhirnya Sersan Mayor. Dan bintang kepahlawanan. Makanya dimakamkan di sini. Saya juga berstatus WNI," tutupnya. (Han/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.