Sukses

Ahok: Saya Mau Tangkap Tangan Jaringan Pabrik di Kali Mookervart

"Saya sudah tandai camat-lurah nih kalau camat-lurah terima setoran tiap bulan," cetus Ahok.

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya pabrik yang berlokasi di bantaran Kali Mookervart, Cengkareng, Jakarta Barat, membuat Ahok gerah. Ia menduga ada oknum lurah ataupun camat yang diberi komisi agar pabrik-pabrik bisa dibangun di area tersebut.

"Pabrik-pabrik saya mau tangkap tangan sama jaringannya. Saya sudah tandai camat-lurah nih kalau camat-lurah terima setoran tiap bulan," ucap Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini saat mengunjungi Kali Mookevart, Jakarta, Kamis (8/4/2015).

Ia menyatakan tak ingin lagi ada kebiasaan 'asal bapak senang', yakni anak buahnya hanya melaporkan hal baik kepadanya sehingga tidak menyelesaikan masalah.

"Kita sepakatin. Sekarang banyak anak muda atau PNS yang pengen jadi lurah-camat. Mau jadi pejabat. Kita enggak mau lagi pejabat kayak dulu yang nerapin asal bapak senang," tegas Ahok.

Dia juga berencana memasang CCTV di area Kali Mookevart. Bukan hanya untuk memantau kondisi kali, tapi juga mengawasi kinerja lurah dan camat di daerah tersebut.

"Camat-lurahnya mesti ngecekin ke warga. Camat udah berubah ini. Bisa SMS lapor saya," kata Ahok.

Proyek Jalan Inspeksi Kali Mookervaart, Daan Mogot, Jakarta Barat pada tahap awalnya mencapai 8 kilometer dan lebar 7,5 meter. Sejak dijalankan pada 10 September 2014 lalu, sudah ada 36 dari 162 bangunan yang telah dibongkar Pemprov DKI Jakarta. Dengan estimasi 1 rumah dihuni 5 orang, diperkirakan ada sekitar 819 jiwa kehilangan tempat tinggalnya. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.