Sukses

BNPT Duga 16 WNI Hilang di Turki Sudah Gabung ISIS

BNPT menduga, tidak menutup kemungkinan 16 WNI itu masih bersembunyi di Turki.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 16 Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan hilang di Turki, usai memisahkan diri dari rombongan tur dari Indonesia. 16 WNI itu hingga kini tidak diketahui rimbanya.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan ‎Idris menduga, 16 WNI tersebut sudah bergabung dengan ISIS.

"Saya kira mereka sudah di ISIS," ujar Irfan dalam diskusi 'BNPT Bincang Damai' di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2015).

Kendati, kata Irfan, tidak menutup kemungkinan 16 WNI itu masih bersembunyi di Turki. Atau kemungkinan lain mereka bergabung dengan kelompok-kelompok Islam radikal lain selain ISIS.

"Bisa sembunyi di Turki atau gabung sama kelompok-kelompok radikal lain. 'Kan banyak kelompok radikal di sana," ujar Irfan.

Kemungkinan lain, menurut Irfan, 16 WNI bisa juga mengunjugi tempat tinggal sanak saudara mereka yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI)‎. Sebab, Turki salah satu negara yang banyak TKI.

"Tapi kuat dugaan sudah gabung. Karena kalau mau ke rumah saudaranya yang jadi TKI, kenapa tidak bilang ke agennya? Biar agennya tidak bingung," kata Irfan.

Irfan yakin, 16 WNI yang hilang dan 16 WNI yang ditahan otoritas keamanan Turki memiliki semangat jihad. Itu yang membuat mereka punya niat terbang ke Turki, negara yang dekat dengan Suriah dan Irak yang kini menjadi basis ISIS.

"16 pertama (yang hilang) dan 16 kedua (yang ditahan) semangat jihad itu ada," ucap Irfan.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sebelumnya memastikan, 16 WNI yang saat ini ditahan keamanan Turki merupakan kelompok berbeda, dengan 16 WNI yang dinyatakan hilang di Turki setelah melakukan perjalanan dengan agen travel dari Indonesia.

‎16 WNI yang saat ini ditahan di Turki, mayoritas masih di bawah umur. Rinciannya, 1 laki-laki dewasa, 4 perempuan dewasa, dan 11 anak-anak.

Mereka ditangkap dan ditahan otoritas keamanan Turki saat akan memasuki wilayah perbatasan Turki dengan Suriah. Kuat dugaan mereka hendak menyeberang ke Suriah, salah satu negara yang kini‎ dikuasai ISIS. (Rmn/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini