Sukses

3 Tersangka Serangan Teroris di Moskow Mengaku Bersalah, Seluruhnya Warga Tajikistan

Serangan teroris, yang diklaim dilakukan oleh afiliasi kelompok ISIS, pada Jumat (22/3) adalah yang paling mematikan di Rusia sejak pengepungan sekolah Beslan pada tahun 2004.

Liputan6.com, Moskow - Tiga dari empat tersangka yang didakwa melakukan serangan ke gedung konser di Moskow yang menewaskan setidaknya 137 orang mengaku bersalah atas insiden tersebut di pengadilan Rusia pada hari Minggu (24/3/2024).

Pengadilan Distrik Basmanny Moskow secara resmi mendakwa Dalerdzhon Mirzoyev (32); Saidakrami Rachabalizoda (30); Mukhammadsobir Faizov (19); dan Shamsidin Fariduni (25) atas serangan teroris kelompok yang mengakibatkan kematian orang lain. Pelanggaran tersebut diancam dengan hukuman maksimal penjara seumur hidup. Demikian seperti dilansir AP, Senin (25/3).

Pengadilan memerintahkan para pria tersebut, yang semuanya adalah warga negara Tajikistan, ditahan sebelum persidangan hingga 22 Mei.

Mirzoyev, Rachabalizoda, dan Fariduni semuanya mengaku bersalah setelah didakwa. Tersangka keempat, Faizov, dibawa ke pengadilan langsung dari rumah sakit dengan kursi roda dan duduk dengan mata tertutup selama persidangan.

Keempat tersangka muncul di pengadilan dengan kondisi memar dan wajah bengkak di tengah laporan di media Rusia bahwa mereka disiksa selama interogasi. Salah satu tersangka, Rachabalizoda, telinganya diperban berat.

Media Rusia melaporkan pada hari Sabtu (23/3) bahwa salah satu tersangka dipotong telinganya selama interogasi.

Sidang tersebut dilakukan ketika Rusia memperingati hari berkabung nasional, menyusul serangan yang terjadi pada hari Jumat (22/3) di tempat konser Balai Kota Crocus di pinggiran kota.

Serangan, yang diklaim dilakukan oleh afiliasi kelompok ISIS, tersebut adalah yang paling mematikan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

Pihak berwenang Rusia menangkap empat tersangka penyerang pada hari Sabtu. Selain itu, dalam pidatonya pada Sabtu malam, Presiden Rusia Vladimir Putin menuturkan tujuh orang lainnya ditahan karena dicurigai terlibat dalam serangan tersebut. Dia mengklaim mereka ditangkap saat melarikan diri ke Ukraina, sesuatu yang dibantah tegas oleh Kyiv.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Berkabung Nasional

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam pernyataan singkat yang diterbitkan oleh kantor berita Amaq yang berafiliasi dengan ISIS di Telegram pada hari Jumat. Serangan tersebut adalah yang paling mematikan yang menimpa Rusia sejak pengepungan sekolah Beslan pada tahun 2004, yang menewaskan 334 orang.

Sementara itu, ribuan orang dari kota-kota di seluruh Rusia berbaris di tengah hujan pada hari Minggu untuk meletakkan bunga di tugu peringatan di luar Balai Kota Crocus. Ratusan bunga dan sekumpulan balon putih terpantau di lokasi kejadian.

Para pemuka agama juga memberikan penghormatan dan mengawali doa yang diikuti dengan diturunkannya bendera setengah tiang oleh massa.

Salah satu dari mereka yang berada di sana – Alexander Matveev – mengatakan kepada CNN bahwa orang-orang di Rusia merasa tidak aman dan khawatir akan terjadi serangan lain.

"Saya mendengarkan Putin. Dia mengatakan mereka mencoba melarikan diri ke Ukraina. Ini masuk akal," katanya. "Mari kita lihat apa yang dikatakan penyelidik. Tetapi Rusia kuat, kami tidak akan menyerah."

Presiden Putin dilaporkan memberikan penghormatan kepada para korban serangan dengan menyalakan lilin di sebuah gereja di kediamannya di Novo-Ogaryovo di luar Moskow.

Pemimpin Rusia tersebut pertama kali mengumumkan hari berkabung dalam pidato nasionalnya pada hari Sabtu, untuk berduka atas para korban dari apa yang dia gambarkan sebagai "tindakan berdarah dan biadab".

"Seluruh negara, seluruh rakyat kami, berduka bersama Anda," kata dia.

3 dari 3 halaman

Bantahan Ukraina

Ukraina dengan tegas membantah terlibat dalam serangan itu. Kementerian Luar Negeri Ukraina menggambarkan tuduhan tersebut sebagai provokasi yang direncanakan oleh Kremlin untuk semakin memicu histeria anti-Ukraina di masyarakat Rusia, menciptakan kondisi untuk meningkatkan mobilisasi warga Rusia untuk berpartisipasi dalam agresi kriminal terhadap negaranya, dan mendiskreditkan Ukraina di mata komunitas internasional.

Amaq juga merilis video grafis pada hari Sabtu yang dimaksudkan untuk menunjukkan serangan hari Jumat direkam oleh salah satu penyerang.

Komite Investigasi Rusia pada hari Minggu menyebutkan bahwa sejauh ini 62 jenazah telah diidentifikasi.

"Untuk korban lainnya, pemeriksaan genetik sedang dilakukan untuk mengetahui identitas mereka," kata pernyataan itu. "Penyelidikan tempat kejadian perkara (TKP) terus berlanjut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.