Sukses

UI Tanggung Biaya Medis Korban Seluruh Ledakan Lab Farmasi

15 Korban dilarikan ke RS pascaledakan yang terjadi di Laboratorium Kimia Kualitatif Fakultas Farmasi UI Depok Senin 16 Maret.

Liputan6.com, Depok - Ledakan yang terjadi di Laboratorium Kimia Kualitatif Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Depok Senin 16 Maret, menyebabkan 15 mahasiswa semester IV yang sedang melakukan praktikum destilasi di lokasi tersebut mengalami luka. Mereka terkena pecahan kaca dari labu destilasi (tabung kimia).

15 Korban dilarikan ke rumah sakit terdekat, untuk mendapat pertolongan pertama. Kepala Humas Fakultas Farmasi UI Devfanny Aprilia Artha mengatakan, pihaknya akan menanggung penuh biaya perawatan para siswanya.

"Biaya perawatan ditanggung seluruhnya oleh UI. Jika diperlukan dana lebih untuk perawatan, UI siap keluarkan dananya," kata Devfanny di lantai 3 Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia, Depok, Selasa (17/3/2015).

Menurut Devfanny, saat ini seluruh korban dalam kondisi baik dan tak ada yang dirawat di Rumah Sakit. Mereka kebanyakan mengalami luka di wajah yang sobek akibat hujaman serpihan kaca.

"Saat ini korban sudah kembali ke rumah masing-masong, ada yang ke asrama, ke kosan, kerumah. Jadi tidak ada yang dirawat. Semuanya tadi malam terakhir pukul 9 kembali ke tempat mereka masing-masing. Dua yang terparah Delvika dan Citra sudah pulang. Delvika sudah diperiksa dan sudah sembuh total menurut dokter spesialis THT. Yang masih perlu perawatan Citra karena ada serpihan kaca yang masuk ke mata," jelas Devfanny.

Devfanny juga mengatakan pihaknya tidak mendapat protes dari orang tua mahasiswa karena setelah kejadian, ia langsung menelepon para orang tua dan mengutarakan upaya pertanggungjawaban UI.

"Orang tua nggak ada yang komplain selama anak mereka mendapat perawatan yang baik dan biaya ditanggung kampus," pungkas Devfanny. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.