Sukses

Car Free Day Juga Jadi Ajang Penggalangan Dana untuk Bayi Ryuji

Bayi Ryuji (5 bulan) menderita kelainan hati atau atresia bilier dan membutuhkan penanganan operasi dengan biaya Rp 1,2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang car free day di Bundaran HI, Jakarta Pusat juga dimanfaatkan untuk penggalangan dana bagi bayi Ryuji Marhaenis Kaizan. Bayi berusia 5 bulan itu menderita kelainan hati atau atresia bilier dan membutuhkan penanganan operasi hati dengan biaya miliaran rupiah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (8/2/2015), tak sedikit warga yang sedang berolahraga terketuk hatinya untuk membantu biaya operasi sang bayi.

Bahkan Jumat 6 Februari lalu, sejumlah pimpinan DPR RI seperti Setya Novanto dan Fahri Hamzah turut memberikan bantuan kepada bayi Ryuji. DPR juga akan memanggil BPJS yang dikabarkan tidak membiayai operasi Ryuji secara penuh. Padahal bayi tersebut terdaftar sebagai peserta BPJS.

Hingga saat ini, bayi Ryuji masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat. Kondisi kesehatannya pun terus dipantau.

Biaya operasi transplantasi hati bayi berusia 5 bulan ini diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar. Namun sayangnya sebagai peserta BPJS, biaya operasi bayi Ryuji hanya ditanggung maksimal Rp 250 juta. (Nfs/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini