Sukses

Aksi Ahok Sopiri Bajaj

Di depan Balaikota, Ahok sempat turun dari bajaj listrik dan menegur salah satu pedagang kopi keliling yang memarkir sepedanya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tiba-tiba keluar dari ruang kerjanya. Dengan kemeja batik yang ia kenakan, pria yang biasa disapa Ahok itu langsung menuju ke halaman Balaikota, Jakarta menghampiri jejeran 5 bajaj bertenaga listrik yang telah parkir sejak pagi tadi.

Setelah sempat berbincang dengan pemilik Bajaj, Christoforus Richard, bos PT Arrtu Mega Energie yang merupakan perusahaan pembuat bajaj listrik itu pun langsung ‎mengajak Ahok untuk naik bajaj berwarna putih itu.

Ahok pun duduk di barisan penumpang, bersama Chiristoforus dan seorang anak buahnya mengemudikan bajaj tersebut.  "Ayo, wartawan mau ikut nggak? Kita ke Monas naik ini," ucap Ahok, Selasa (6/1/2015).

Bajaj yang ditumpangi Ahok pun tancap gas, tidak sampai Monas. Namun bajaj yang mesinnya diproduksi oleh perusahaan otomotif asal Tiongkok itu hanya berkeliling halaman Balaikota. Di depan Balaikota, Ahok sempat turun dan menegur salah satu pedagang kopi keliling yang memarkir sepedanya sambil berjualan di samping trotoar Balaikota.

Kepada pria bertopi tersebut, Ahok mengatakan dirinya tidak melarang para pedagang kopi keliling berjualan di area tersebut, namun ia menekankan agar mereka tidak mengganggu para pengguna jalan. "Kamu kalau jualan kopi di sini nggak apa-apa. Tapi sampahnya jangan dibuang ke rumput ya, harus tertib. Dan jangan sampai mengganggu para pejalan kaki yang lewat," ucap Ahok.

"Iya Pak, siap Pak...," ucap pedagang kopi itu dengan wajah sedikit tegang.

Ahok pun kemudian memastikan kalau kopi dan minuman yang mereka jual tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. "Eh, ini kopinya bikinnya enggak dicampur bahan kimia juga kan?" tanya Basuki kepada dua pedagang kopi bersepeda itu.

"Nggak, pak. Pakai gula asli, nggak pakai bahan-bahan berbahaya Pak," jawab salah seorang dari mereka.

Setelah diinterogasi Ahok, pedagang kopi itu kemudian balik 'menodong' Ahok. Sambil mengeluarkan telepon seluler dari kantongnya, salah seorang pedagang kopi kemudian meminta berfoto bersama dengan Ahok. "Mau foto bareng boleh nggak Pak," ujar dia.

"Ayo, sini boleh, tapi kamu jangan ganggu orang jalan ya, harus tertib," kata Ahok.

Setelah berfoto, Ahok kemudian menaiki kembali Bajaj tersebut. Ia pun kemudian mengamati bagian badan bajaj yang terlihat begitu tipis dengan mengetuk-ngetuk bagian pintu Bajaj. Ia pun kemudian kembali menaiki bajaj dan duduk di kursi bagian penumpang. Layaknya sopir bajaj sungguhan, mantan Bupati Belitung Timur itu menggerakkan kemudi bajaj sambil bertanya cara mengemudi angkutan umum tersebut.

"Ini kalau mau menyalakan bajaj, pakai starter yang ini, Pak, ditekan saja Pak, nanti hidup," ‎ucap Christoforius kepada Ahok.

Ahok pun menganggap munculnya bajaj tersebut merupakan inovasi untuk dapat menciptakan kendaraan ramah lingkungan. "Bagus ini. Tapi lebih bagus lagi kalau ada (perusahaan) yang nawarin bus listrik," ujar Basuki.

5 Kendaraan umum tersebut merupakan bajaj bertenaga listrik yang diproduksi oleh perusahaan yang bergerak di bidang energi, yaitu PT Arrtu Mega Energie. Chistoforius mengatakan, saat ini jumlah bajaj yang telah mereka produksi mencapai sekitar 500 unit. Sedangkan 5 bajaj yang dibawa adalah contoh untuk diperlihatkan kepada Ahok.

"Bila telah mendapatkan izin dari Pak Gubernur, (bajaj) akan langsung kita operasikan," tutur Chistoforius. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini