Sukses

Uji Kepatutan Capim KPK, Komisi III DPR Fokus ke Roby Arya

Desmond belum mengetahui status 2 pimpinan KPK. Apakah langsung memilih 1 di antaranya atau ditunda untuk dilakukan pemilihan serentak.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Hukum DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 2 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata, Rabu (3/12/2014), siang ini.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa, dalam sesi yang akan dilaksanakan pukul 13.00 WIB ini, pihaknya akan fokus kepada Robi.

"Busyro bukan hal baru bagi kita, sudah paham tinggal Roby saja, nanti kita akan proper untuk memahami dia lebih lanjut apa 2 orang ini memenuhi kriteria yang disyaratkan. Tinggal tunggu pendapat fraksi saja," ucap dia di DPR, Senayan, Jakarta.

Setelah melakukan uji kepatutan nanti, Ketua DPP Partai Gerindra itu mengatakan belum mengetahui status keduanya. Apakah langsung memilih 1 di antaranya, atau ditahan dulu untuk kemudian diikutsertakan dalam seleksi serentak di tahun 2015 sesuai usulan pimpinan KPK.

"Fit and proper test akan tetap dijalankan hari ini, tapi pemilihannya apakah harus melihat batas waktu atau ini sebagai stok 2 orang untuk dipilih Desember tahun depan, seperti usulan KPK. Saya belum bisa pastikan," ungkap Desmond.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman menolak permintaan Fraksi PDIP untuk menunda uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 2 calon pimpinan KPK. Artinya, pada Rabu hari ini Roby Arya Brata dan Busyro Muqoddas tetap diuji kepatutannya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini