Sukses

Menteri Anies: Kondisi Pendidikan Kita Sudah Sangat Gawat

Anies Baswedan berharap para pelaku pendidikan untuk bersama-sama melakukan perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan tengah berupaya keras untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Sebab menurut dia, kondisi pendidikan di Tanah Air saat ini gawat.

"Kondisi pendidikan kita sudah sangat gawat," ujar Anies di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Menurut Anies, pernyataannya tersebut didasari alasan yang sangat kuat. Dari data yang diterima, sekitar 75 persen pelayanan sekolah di Indonesia tidak memenuhi standar minimal.

Bukan hanya soal pelayanan sekolah, lebih mengejutkan lagi, hasil rata-rata uji kompetensi guru di Indonesia cuma 44,5. Nilai itu, menurut Anies, sangat disesalkan lantaran nilai komptensi ini sangat jauh dari standar yang telah ditentukan. Stadar nilai yang diharapkan dicapai para guru adalah 70.

Melihat masalah tersebut, Anies mengimbau para pelaku pendidikan untuk bersama-sama melakukan perubahan. Langkah awal dari perubahan itu dapat dimulai dari perubahan sudut pandang dalam menangani masalah pendidikan tersebut.

"Bahwa masalah ini bukan kejadian tahun ini saja. Ini terus konstan sejak tahun 2000. Masalah ini sudah dianggap lazim. sekarang saatnya berhenti menganggap angka itu lazim dan setiap tahun ada," ujar Anies.

Selain itu, mantan peserta capres Konvensi Demokrat itu dengan tegas menyebut apabila masalah tersebut masih dipandang sebagah hal biasa, maka negara ini tak akan berubah. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

Video Terkini