Sukses

Menteri Anies Kunjungi Bengkel Muliakan Guru di Yogyakarta

Anies menyebut bentuk penghargaan kepada guru bisa berwujud macam-macam, tak hanya diskon pada transaksi yang dilakukan guru.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengunjungi bengkel yang memberi diskon kepada guru di Jalan Sagan, Condong Catur V/80 Sleman, Yogyakarta. Anies mengapresiasi bengkel motor yang memberi diskon khusus kepada guru hingga 50%.

"Mari memuliakan guru. Tugas pemerintah memastikan guru sejahtera. Saya ajak masyarakat untuk mengurangi pengeluaran guru. Pemerintah menaikkan pendapatan guru, masyarakat yang menurunkan pengeluaran guru, berikan diskon khususnya kebutuhan pokok," ujar Anies di Yogyakarta, Sabtu (29/11/2014).

Anies mengucapkan terima kasih kepada bengkel yang memberikan potongan harga kepada guru. Diharapkan pula, gerakan ini dapat ditiru masyarakat lainnya.

Anies menyebut bentuk penghargaan kepada guru bisa berwujud macam-macam. "Misalnya, nggak bisa beri diskon ya berikan waktu bagi mereka. Ya didahulukan dulu misalnya. Ini menjadi gerakan memuliakan guru. Semoga ke depan lebih banyak lagi," kata Anies.

Kepala Bengkel Ahass Rahayu Jogja Suwaryo menjelaskan, program potongan harga kepada para guru ini dimulai sejak 22 November-29 November 2014. Sejak pelaksanaan program hingga saat ini tercatat ada 45 guru yang terlayani program diskon jasa servis dan spare part.

"Program ini penghargaan kepada guru yang telah mendidik para siswa. Melalui jasa servisnya 50% sama spare part 15%. Sudah ada 40-45 orang," ujar Suwaryo.

Suwaryo mengaku belum mengetahui apakah program ini akan dilanjutkan lagi. "Lihat respons sampai akhir tahun," tandas Suwaryo.

Anies Baswedan juga pernah mengatakan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia, setuju memberikan potongan 25 persen bagi guru sebagai bagian memuliakan guru. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.