Sukses

Menteri Anies Baswedan Ajak Masyarakat Muliakan Guru

Anies Baswedan mengatakan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia setuju memberikan potongan 25 persen bagi guru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mendorong seluruh masyarakat Indonesia melakukan satu gerakan baru. Gerakan tersebut adalah memuliakan guru.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memuliakan guru dalam posisi yang terhormat dan mengurangi beban guru," ujar Anies dalam jumpa pers Hari Guru Nasional di Kantor Kemendikbud, Senin (24/11/2014).

Anies menerangkan, pengaplikasian dorongan itu dapat dilakukan dengan banyak cara. Di antaranya dengan memberi keistimewaan bagi guru di berbagai tempat.

"Jika Anda punya usaha, beri guru diskon yang lebih murah, dan jika kalian mempunyai usaha media, berikan guru langganan yang terbaik, karena gurulah yang membuat kita bisa menulis," sambung dia.

Anies mengatakan, tugas pemerintah meningkatkan penghasilan guru. Tugas masyarakat menurunkan pengeluaran guru.

Dia juga mengajak sejumlah sektor swasta turut ikut serta dalam program memuliakan guru. Bahkan menurutnya maskapai penerbangan Garuda Indonesia, setuju memberikan potongan 25 persen bagi guru.

Anies mengaku, pekerjaan rumah Kementeriannya soal kesejahteraan, jaminan-jaminan guru memang belum tuntas. Namun, dipastikannya pemerintah akan segera menangani persoalan tersebut.

Sementara, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo menyambut baik program-program tersebut. Bukan cuma memberi respons positif, dia merasa sangat optimis rencana dari dari Menteri Anies Baswedan akan berjalan lancar. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini