Sukses

Nikah dan Ritual Gembok Cinta di Titik Nol Yogya

Pasangan pengantin tersebut kemudian diarak dalam kirab budaya menggunakan mobil bersama rombongan keluarga yang membawa gembok cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan unik digelar di Kawasan Titik Nol, Yogyakarta, saat Tahun Baru Islam 1 Muharam. Seorang perempuan paruh baya, Ramini dan pria bernama Minal Aidin menggelar akad nikah yang diiringi ritual "Gembok Cinta" di Instalasi luar ruang Digital Heart.

Pantauan Liputan6.com, dalam ritual itu, Ramini dan Minal mengklik gembok. Lalu diikuti oleh pihak masing-masing keluarga yang menemani kedua mempelai.

Pasangan pengantin tersebut kemudian diarak dalam kirab budaya menggunakan mobil bersama rombongan keluarga yang membawa gembok cinta dan seperangkat alat salat sebagai mahar.

"Mereka membawa gembok cinta yaitu gembok itu empu kunci atau bumbu dapur dan Cinta atau daun kates berbentuk love," ujarnya.

Ketua panitia acara RM Ryan Budi Nuryanto mengatakan, dengan ritual gembok cinta ini, diharapkan cinta pasangan pengantin dapat abadi. Juga diharapkan bisa menebarkan energi kedamaian dari Yogyakarta.

"Harapannya cinta mereka insya Allah abadi. Acara ini juga dapat menebarkan energi kedamaian dari Jogja untuk dunia," ujar Ryan di Titik Nol, Sabtu 25 Oktober 2014.

Ryan menjelaskan, acara ini dikhususkan kepada pasangan yang sudah bercerai dengan harapan dapat disatukan dan diikat dalam gembok cinta yang ada di Malioboro. Panitia awalnya menargetkan 5 pasangan. Namun beberapa pasangan tidak berani meneruskan karena orangtua calon pengantin beranggapan tidak boleh menikah di bulan Suro.

"Di Digital Heart ini, sepasang manusia mengikat janji suci yang sebelumnya telah mengalami kegagalan dalam berumah tangga mereka," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.