Sukses

SBY Minta Surat Pengunduran Diri Menag Suryadharma Ali

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang karib disapa SDA itu tiba di Istana Bogor sekitar pukul 11.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Suryadharma Ali yang kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji 2012-2013 menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Bogor, Jawa Barat siang tadi. Kedatangannya ini untuk membahas penetapan status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang karib disapa SDA itu tiba di Istana Bogor sekitar pukul 11.45 WIB. Dalam pertemuan itu, SDA mengembalikan kepercayaan sebagai menteri agama kepada SBY. Presiden kemudian meminta SDA mengajukan surat pengunduran dirinya.

"Presiden meminta agar Menteri Agama Suryadharma Ali mengajukan surat pengunduran diri tertulis dalam satu-dua hari ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan," ujar Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi yang turut hadir dalam pertemuan itu, seperti dikutip dari laman Presidenri.go.id, Senin (26/5/2014).

SDA dinilai oleh KPK melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) jo pasal 55 ayat (1) ke-(1) jo  Pasal 65 KUHPidana.

Pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 tersebut intinya melakukan penyalahgunaan kewenangan secara melawan hukum dengan melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi. Sehingga dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

KPK juga sudah mengajukan surat permohonan pencegahan bepergian ke luar negeri kepada Direktorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.