Sukses

27 DPW PPP Desak Suryadharma Ali Kena Sanksi

Perolehan suara PPP pada Pileg 2014 sementara ini hanya mencapai tidak lebih dari 7%.

Liputan6.com, Bogor - Berdasarkan hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei, perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 sementara ini hanya mencapai tidak lebih dari 7%. Hal ini jelas jauh dari perolehan suara sebesar 12% yang ditargetkan partai tersebut.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jawa Barat Rahmat Yasin, salah satu faktor suara partainya tidak sesuai target adalah kehadiran Ketua Umum PPP Suryadharma Ali (SDA) pada kampanye akbar Partai Gerindra di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada 23 Maret 2014.

"Kedatangan Suryadharma Ali itu menggiring opini publik. Itu yang membuat mereka tidak jadi memilih PPP. Seakan-akan sikap dia menunjukkan partai ini sudah tersubordinasi dengan partai lain," ujar Rahmat Yasin di Hotel Lor In, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/4/2014).

Selain dianggap sebagai salah satu variabel tidak terpenuhinya harapan 12% suara, sikap SDA tersebut kata Rahmat Yasin juga sudah menyakiti kader non-elite partai yang sudah berjuang untuk memenangkan partai berlambang Kabah di Pemilu 2014.

"Kami sadar betul, ketika kami yang di bawah berdarah-darah, satu demi satu kita kompetisi sekuat tenaga agar PPP dapat menjadi rumah besar umat Islam, tapi hasilnya begini," kata Rahmat.

Untuk itu, Rahmat dan 26 Ketua DPW PPP seluruh Indonesia berpendapat bahwa perilaku SDA tersebut harus mendapat sanksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP karena sudah melanggar apa yang menjadi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.