Sukses

Pusat Perdamaian dan Keamanan Terbesar di ASEAN Berdiri di Sentul

Liputan6.com, Sentul - Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN terus membuktikan komitmennya untuk membangun kekuatan militer. Kali ini, Indonesia memiliki Pusat Perdamaian dan Keamanan (Indonesia Peace and Security Centre/IPSC) yang berlokasi di Bukit Merah Putih, Desa Tangkil, Kecamatan Citereup, Sentul, Jawa barat.

Dikutip dari data Kementerian Pertahanan RI, lokasi yang memiliki luas lahan 261,7 hektar ini menjadikan pusat keamanan terbesar yang pernah dimiliki negara-negara di ASEAN.

IPSC sendiri adalah arena terpadu area pengelolaan perdamaian, penanggulangan terorisme, penanggulangan bencana, dan pelatihan pasukan siaga.

Kawasan yang disebut Canti Darma ini akan diresmikan langsung oleh Presiden SBY pada pukul 15.00 WIB.

Dari pantauan Liputan6.com di lokasi, Canti Darma ini sendiri terdiri dari Pusat Pemeliharaan Perdamaian, Markas Pasukan Siaga, Pusat Pelatihan, penanggulangan terorisme, pusat pelatihan penanggulangan bencana, kampus Universitas Pertahanan, dan pusat olahraga militer.

Kawasan ini diharapkan akan mendukung peningkatan kualitas prajurit TNI sebelum nantinya terus ditambah fasilitas alat tempur pertahanan RI. (Yus Ariyanto)