Sukses

Matori Abdul Djalil: Saya Ketua Umum PKB yang Sah

Matori Abdul Djalil, Ketua Umum PKB yang dipecat Ketua Dewan Syuro Abdurrahman Wahid, menegaskan bahwa dirinya adalah ketua umum yang sah. Matori meminta warga PKB realistis menyikapi hasil SI MPR.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Matori Abdul Djalil menegaskan bahwa dirinya adalah ketua umum partai yang sah [baca: Alwi Shihab Ketua Umum PKB Sementara]. Bahkan secara tegas Matori mendesak Alwi Shihab, Muhaimin Iskandar, Effendi Choirie, Chotibul Umam Wiranu dan Arifin Junaidi keluar dari PKB. Alasannya, kelima fungsionaris partai itu telah mendorong Presiden Abdurrahman Wahid bertindak konfrontatif terhadap legislatif dan mendukung dikeluarkannya Dekrit Pembekuan MPR/DPR. Hal tersebut dikemukakan Matori ketika menggelar konferensi pers di lantai empat Gedung MPR/DPR, Senin (30/7) pagi.

Menurut Matori, Ketua Dewan Syuro PKB Gus Dur tak dapat memecat dirinya secara sepihak. Sebab, dalam organisasi ada mekanisme dan prosedur pemecatan yang telah disepakati. Dengan demikian, Matori tetap menganggap dirinya sebagai Ketua Umum PKB yang sah hingga muktamar 2005, kecuali ada muktamar luar biasa. Selain itu, dalam keterangan pers yang didampingi Sekretaris Fraksi Kebangkitan Bangsa di DPR Abdul Khaliq Ahmad yang sama-sama dipecat, menyerukan Dewan Pimpinan Wilayah dan Dewan Pimpinan Cabang PKB realistis menerima hasil Sidang Istimewa MPR [baca: DPP PKB Memberhentikan Sekretaris Fraksi di DPR].(YYT/Dyah Kusumah dan Mohammad Guntur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini