Sukses

<i>Ratik Tagak</i>, Tradisi Warga Sikaladi Pariangan

Mereka merayakan Lebaran untuk kedua kali setelah Idulfitri. Warga Sikaladi Pariangan merayakannya setelah menjalankan puasa sunnah selama enam hari berturut-turut selepas Ramadan.

Liputan6.com, Tanah Datar: Ribuan warga Desa Sikaladi Pariangan, Kabupaten Tanah Fatar, Sumatra Barat, merayakan Lebaran untuk kedua kalinya dengan ratik tagak. Tradisi ini dirayakan setelah menjalankan puasa sunnah selama enam hari selepas Idulfitri. Mereka berziarah ke makam leluhur sambil memanjatkan doa dan berzikir bersama.

Hari itu sejak jam sembilan pagi, kaum ibu sudah mulai mengantarkan jamba atau bawaan berupa makanan ke lokasi acara yang berada di tanah lapang berdekatan dengan kompleks pemakaman. Selain berziarah ke makam leluhur, mereka sekaligus bersilaturahmi bersama sanak saudara. Bahkan, para perantau pun pulang untuk ikut merayakannya.

Setelah sore menjelang magrib, acara puncak yang ditunggu-tunggu dimulai, yaitu tradisi ratik tagak. Dengan berdiri bersama sambil bergandeng tangan, warga berzikir menyebut asma Allah. Peserta zikir begitu bersemangat hingga tak sadarkan diri. Bahkan ada yang harus digotong keluar lokasi untuk disadarkan.

Usai berzikir, acara diakhiri dengan membagikan makanan kepada para pengunjung terutama anak-anak. Tradisi ini menarik perhatian masyarakat luas, bukan hanya warga Desa Sikaladi Pariangan, tapi juga dari luar daerah.(ANS/Denni Risman dan Arset Kusnadi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.