Sukses

Pengangguran Naik 2,5 Juta Orang

Kenaikan jumlah pengangguran disebabkan pertambahan angkatan kerja yang tak diimbangi kecepatan pertumbuhan ekonomi. Angka cukup besar juga disumbang bencana yang menghancurkan banyak perusahaan di berbagai sektor.

Liputan6.com, Jakarta: Angka pengangguran tahun ini diperkirakan naik 2,5 juta orang dibanding tahun lalu. Selain karena pertambahan angkatan kerja baru, kenaikan disebabkan berbagai bencana di Indonesia yang tak diimbangi kecepatan pertumbuhan ekonomi. Untuk mengatasi kondisi ini, pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp 51 triliun. Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di Jakarta, belum lama ini.

Lebih jauh, Erman menjelaskan, angkatan kerja baru menyumbang 2,3 juta penganggur. . Lumpur Lapindo mengakibatkan 20 ribu orang kehilangan pekerjaan. Gempa bumi di Nusatenggara Timur 600 orang, gempa di Sumatra Barat 15 ribu orang, dan gempa Yogyakarta 60 ribu orang. Banjir yang melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya juga mengakibatkan 223 ribu orang menganggur.(TOZ/Asep Didi dan Irfan Effendy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.