Sukses

Aksi AHY Diskusi dengan Bahasa Inggris Tanpa Teks di Amerika Bikin Warganet Terpana

Sebuah video beredar memperlihatkan bagaimana fasihnya AHY saat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Bahkan saat itu ia menjelaskannya tanpa teks yang membuat banyak warganet kagum.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang, merangkap sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasiona (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY baru-baru ini melakukan kunjungan ke Amerika Serikat dalam forum Bank Dunia. Dalam kesempatan tersebut, mantan anggota TNI itu berdiskusi tentang agenda utama yang berkaitan dengan pendaftaran tanah (land registration).

Sebuah video beredar memperlihatkan bagaimana fasihnya AHY saat diskusi dan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan saat itu ia menjelaskannya tanpa teks yang membuat banyak warganet kagum. Tak hanya pengucapannya yang jelas, ia juga berbicara dengan lancar tanpa terbata-bata.

"Jadi untuk memberikan kepastian hukum sejak 2017 Presiden Joko Widodo telah menerapkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diarahkan untuk memajukan keadilan dan kemakmuran untuk semua," ucapnya menggunakan bahasa Inggris seperti yang dikutip dari akun TikTok @pemburubuzzer01, Kamis, 23 Mei 2024.

Usai AHY berbicara, para pengunjung yang terlihat serius menyimak perkataan ayah satu anak itu langsung bertepuk tangan. Diskusi tersebut juga terlihat dihadiri oleh sang istri Annisa Pohan. Aksi AHY itu pun membuat publik kagum akan kemampuannya dan penasaran dengan riwayat pendidikan AHY yang ternyata sangat bagus.

"Bahasa inggris nya tanpa teks," komentar seorang warganet.

"Dinasti SBY...salam hormat mas AHY.. bangga saya sebagai warga Indonesia..Anda cerdas dan pintar,” sahut warganet lain.

"Masih muda. bicara. di. forum. internasional . cerdas...banget GK. minder ..👍👍👍,” kata warganet lainnya.

"Mantap pak AHY kalo Samsul bisa gak ya Kya gini," tulis warganet yang lain,

"Pakde kayak pencari bakat gak sih. gak nyangka kalo AHY kayak gini...josssss," sebut yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil AHY

Dilansir dari situs resmi Demokrat AHY merupakan cucu dari Letjen TNI Purn. Sarwo Edhie Wibowo. Ia merupakan kelahiran 10 Agustus 1978 di Bandung dan tumbuh besar sebagai anak seorang panglima TNI.

AHY tumbuh besar di berbagai wilayah berbeda karena mengikuti perjalanan tugas sang ayah dan diketahui pernah tinggal di Bandung, Timor Timur, hingga Amerika Serikat (AS). AHY pernah menempuh pendidikan di SD Wijaya Kusuma Jakarta pada 1984 hingga 1991.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan SMP-nya di SMPN 5 Bandung pada tahun 1991 hingga 1993. Namun, tidak lama sekolah di Bandung, AHY pindah ke SMPN 20 Jakarta Timur pada tahun 1993 hingga 1994.

AHY juga melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMA Taruna Nusantara Magelang pda 1994 hingga 1997. Kemudian, setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikannya dalam Akademi Militer (AKMIL) pada periode 1997 hingga 2000.

Selama pendidikan, AHY meraih sejumlah prestasi misalnya saja di tahun 1999 AHY meraih medali Tri Sakti Wiratama. Penghargaan tersebut diraih karena prestasinya dalam akademik, kejasmanian fisik, hingga kepribadian

 

3 dari 4 halaman

AHY Punya Gelar Master

Melalui prestasinya tersebut, AHY terpilih sebagai Komandan Resimen Korps Taruna dan pada 2000 saat lulus dari AKMIL, ia meraih predikat terbaik dan meraih Bintang Adhi Makayasa.  Setelah lulus, AHY mulai bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD).

Kemudian pada tahun 2002 AHY menjadi Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang ditugaskan dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh. Selain itu, pada tahun 2006, ia juga ditugaskan sebagai perwira seksi operasi Kontingen Garuda XXIII-A dalam misi menjaga perdamaian di sepanjang perbatasan Israel dan Lebanon Selatan.

AHY juga menginisiasi program mobil pintar sebagai salah satu sarana mengurangi dampak trauma perang bagi anak-anak. Melalui hal tersebut, AHY dianugerahi Army Service Distinction Medal dari pimpinan Angkatan Bersenjata Lebanon.

AHY juga melanjutkan pendidikan tinggi formalnya dan tercatat berhasil meraih tiga gelar pendidikan Master yaitu pada tahun 2006 meraih Master of Science in Strategic Studies di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura.

4 dari 4 halaman

AHY Terjun ke Dunia Politik

Kemudian pada 2010, ia meraih gelar Master in Public Administration dari Universitas Harvard. Ia juga berhasil meraih Master of Arts in Leadership and Management dari Webster University AS. Tidak hanya gelar formal dari perguruan tinggi AHY juga mendapatkan predikat Summa Cum Laude dari US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas.

AHY kemudian terjun ke dunia politik pertama kali di tahun 2017 dan didaulat oleh Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Namun, saat itu, AHY tidak berhasil menang dan kalah dari pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Kemudian pada tahun 2020, AHY didaulat oleh seluruh pemilik hak suara untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.

Pada 21 Februari 2024 AHY telah resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan tersebut dilakukan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.