Sukses

Ada Rasa Korea dalam Set Bento Yakiniku Jepang ala Karubi Maru

Karubi Maru menawarkan yakiniku sebagai menu andalan yang diklaim cita rasanya autentik Jepang, walau menghadirkan kimchi sebagai lauk pendamping.

Liputan6.com, Jakarta - Karubi Maru membuka gerai keduanya di Botani Square, Bogor. Mentahbiskan diri sebagai restoran Jepang, nyatanya saya menemukan rasa Korea di hidangan utama mereka, yakiniku jyu.

Yakiniku, daging tipis bercita rasa manis itu merupakan resep racikan Chef Enomoto Okuto, seorang koki asal Jepang yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di negara asalnya. Kata jyu mengacu pada jyubako atau boks bento khas Jepang yang berwarna hitam.

Boks itu biasa dibawa warga Jepang saat menikmati bunga sakura bersama teman dan keluarga maupun tempat bekal ketika bepergian. Pihak restoran sengaja memilihnya untuk memberi ciri khas sekaligus pengalaman menikmati makanan Jepang dengan budaya yang kental bagi konsumennya.

"Secara konsep, jyubako itu untuk rame-rame sama keluarga menikmati menu di Karubi Maru," ucap Alfarisi Arifin, Direktur Karubi Maru, dalam peresmian pembukaan gerai kedua di Bogor, Selasa, 30 April 2024.

Pria yang akrab disapa Rezi itu mengakui bahwa yakiniku merupakan kuliner Jepang yang familiar bagi kebanyakan orang Indonesia. Banyak restoran atau tempat makan yang menyajikannya. Karena itu, bersama Chef Enomoto, ia ingin yakiniku di tempatnya memiliki cita rasa khas yang autentik Jepang tetapi tanpa bahan yang mengandung alkohol.

"Challenge terbesar adalah kita enggak bisa bawakan rasa autentik Jepang dengan bumbu-bumbu di Indonesia... Cukup sulit (mewujudkannya) tanpa adanya mirin," kata dia. Setelah uji coba berulang kali, pihaknya berhasil mendapatkan mitra vendor yang berhasil mewujudkan keinginannya perihal bumbu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Kimchi di Paket Yakiniku Jyu

Langkah berikutnya adalah memilih daging sapi yang tepat. Enomoto memilih iga belakang karena dianggap kombinasi yang pas, yakni daging dan lemak. Secara hitungan ekonomi, potongan daging itu masih terjangkau kantong target konsumen mereka.

Daging tersebut kemudian dipotong dan dimarinasi dengan banyak bumbu agar cita rasanya lebih kaya. Daging kemudian dipanggang dengan menggunakan jet oven yang dipercaya dapat memberikan tingkat hasil kematangan yang merata dan memastikan cita rasa yang konsisten pada setiap potongan daging yang dibakar.

"Dalam memanggang yakiniku, sebaiknya daging tidak dipanggang terlalu lama. Yakiniku yang dimasak secara sempurna akan menghasilkan daging yang lembut, bertekstur, juicy, dan menciptakan rasa yang umami," ujar Enomoto yang menjabat sebagai Kepala Koki Karubi Maru.

Seporsi yakiniku jyu dihidangkan bersama nasi putih, tumis pakcoy, dan acar lobak berwarna kuning yang sangat mirip wujudnya dengan danmuji ala Korea. Disajikan pula kimchi selada dan sup bening yang berisi rumput laut. Belum lagi ada taburan biji wijen di atas yakiniku, khas Korea. Set itu yang menerbitkan rasa penasaran saya, mengapa menghadirkan makanan nasional Korea di set makanan Jepang.

"Jepang dan Korea itu mirip-mirip (makanannya). Sama seperti oden, konsepnya yakiniku awalnya dari Korea kalau ngomong sejarah bakar-bakaran. Begitu di Jepang, dipermak jadi yakiniku. Lagi pula, itu bukan kimchi, tapi kimuchi," kata Andreas Chandra, Business Development Karubi Maru.

3 dari 4 halaman

Hadirkan Menu Baru

Secara umum, yakiniku di Karubi Maru tak semanis yakiniku yang pernah saya cicipi sebelumnya, seperti klaim Rezi. Dipadu dengan asam acara lobak, makan daging panggang itu terasa tak mudah eneg. Sementara, bumbu sup beningnya lebih pekat dibandingkan sup miso yang pernah saya santap di tempat lain.

Selain menu tersebut, pihak restoran memperkenalkan tiga menu baru yang diluncurkan pada bulan ini, yakni beef gomtang noodle, karubi yakiniku noodle, dan grilled potato curry and cheese. Saya sempat mencicipi menu terakhir yang merupakan kentang panggang rasa kari Jepang dengan keju mozarella yang meleleh.

Rasanya dominan gurih asin dengan potongan kentang wedges yang cukup besar. Satu porsi menu yang cocok sebagai kudapan atau menu pembuka sebelum makan utama itu bisa dinikmati hingga empat orang.

Sementara pada akhir Juni 2024, mereka akan menghadirkan Charsiuw Kamameshi, menu hotpot ala Jepang. Nasi ditata di dasar mangkuk hotpot kemudian potongan daging ayam yang dipanggang di atasnya serta sayuran hijau dan jamur shimeji. Terakhir, ada telur setengah matang yang sebaiknya segera diaduk saat masih panas. Rasanya gurih dan mengenyangkan.

4 dari 4 halaman

Apakah Sudah Tersertifikasi Halal?

Dalam kesempatan itu, Rezi menjelaskan bahwa restorannya masih memproses sertifikasi halal. Meski begitu, ia menjamin bahwa semua bahan yang digunakan adalah halal. Pengunjung restoran juga bisa menyaksikan proses memasak secara langsung lewat konsep dapur terbuka.

"Saat ini pensertifikasian halal cukup butuh waktu. Cuma kita pastikan gunakan ingredient halal," katanya.

Rezi juga sempat menjelaskan alasannya membuka gerai di luar Jakarta, yakni Depok dan Bogor. Kedua daerah penyangga Jakarta itu dinilainya memiliki potensi pasar yang besar karena banyak generasi muda tinggal dan mereka suka mengeksplorasi makanan baru.

"Kita lihat Bogor dan Depok cukup tinggi rasa keingintahuannya terhadap rasa baru. Kita lihat kesempatan cukup bagus untuk brand-brand baru (untuk diterima)," katanya.

Rentang harga menu yang ditawarkan relatif terjangkau. Ia menawarkan promo spesial makan hemat berdua Rp49 ribu per orang untuk menu Karubi Jyu Set dan Teriyaki Chicken Jyu Set khusus dine in selama periode 1--14 Mei 2024 di dua gerai Karubi Maru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini