Sukses

Potret Pernikahan Putri Wapres Ma'ruf Amin yang Dihadiri Jokowi, Jadi Pengantin Sunda Bersiger

Tidak sekadar hadir, Jokowi yang tampil bersarung merupakan salah satu saksi nikah putri wapres Ma'ruf Amin, Siti Mamduhah.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin yang baru saja menikahkan putri keduanya, Siti Mamduhah, pada Sabtu, 27 April 2024. Teteh Mamam, sapaan akrabnya, dipinang pria bernama Sofiyar Yusuf. Akad nikah mereka berlangsung di Masjid Sunda Kelapa Jakarta.

Melalui unggahan Instagram makeup artist (MUA) yang meriasnya, penampilan Mamam terkuak. "Pengantin cantik aku hari ini Putri dari Bapak Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, teh @sitimamduhah_marufamin @siti_mam ❤️," tulis akun @dewitian85, akhir pekan lalu.

Video yang diambil di kamar hotel bintang lima di jantung kota Jakarta itu memperlihatkan Mamam tampil memakai kebaya modern berwarna beige yang merupakan rilisan Namira Boutique, yang menjadi langganan para pejabat, dipadankan dengan tulle cape dan kain batik sebagai bawahan. Ansambel itu dilengkapi siger dan ronce melati yang membuat Teh Mamam jadi pengantin sunda.

Kontras dengan busana pengantinnya, Teh Mamam memilih kuteks merah cerah ditambah henna putih untuk menghiasi tangannya. Penampilannya kian menawan dengan pulasan makeup bernuansa nude, namun tetap dipertegas dengan riasan bold di bagian mata.

Mendapati itu, tidak sedikit warganet yang memuji penampilan anak Ma'ruf Amin, terutama riasan wajahnya yang dianggap flawless. "Cantik banget, makin sukses ya Teh...😍," kata seorang pengguna Instagram. "Suka banget sama tampilannya, pas banget. Makeup, baju, semuanya ❤️❤️❤️," sahut yang lain.

Di klip berbeda yang dibagikan sang MUA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir sebagai saksi pernikahan. Ia memakai sarung biru serasi dengan jas yang dipakai di atas kemeja putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernikahan Anak Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin sebelumnya menikahkan putrinya, Siti Nur Azizah Ma'ruf, dengan M. Rapsel Ali pada 9 Januari 2019. Prosesi akad nikah pasangan itu berlangsung di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Momen bahagia pernikahan putri Ma'ruf Amin dan Rapsel Ali sempat diabadikan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy melalui akun Instagram pribadinya. Pengantin laki-laki memberi mahar berupa seperangkat alat salat, satu set perhiasan, serta uang tunai senilai 9.119 rial.

Seperti di pernikahan Teh Mamam, Jokowi juga jadi salah satu saksi pernikahan tersebut. Selain itu, ia menandatangani prasasti cinta untuk pasangan pengantin. Prasasti cinta berbentuk seperti piagam penghargaan itu berisi doa Jokowi pada putri Ma'ruf Amin dan suaminya.

"Senantiasa dianugerahi kebahagiaan dalam menempuh bahtera mahligai rumah tangga serta mendapatkan keturunan yang kelak menjadi kebanggaan bangsa dan negara, agama, beserta orangtuanya," begitu tulisan dalam prasasti cinta itu.

3 dari 4 halaman

Pernikahan Anak Pejabat Lainnya

Terkait pernikahan anak pejabat, sebelumnya sudah ada anak Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman, yang resmi meminang kekasihnya, Ihsani Nurul Izzah, pada 24 Februari 2024. Selebrasi pernikahan mereka berlangsung melalui pesta megah berkonsep royal wedding di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan.

Di kesempatan itu, pasangan pengantin tampil serasi dengan ansambel tradisional pernikahan adat Bugis rancangan desainer kenamaan, Didiet Maulana. Melalui pesan suara pada Tim Lifestyle Liputan6.com, Sabtu 2 Maret 2024, Didiet bercerita bahwa awalnya, Amar dan Enon, sapaan akrabnya, datang ke butik lini modenya, SVARNA by IKAT Indonesia.

"Waktu itu, mas Amar mau mendengar dulu konsep apa yang ditawarkan, karena ini merupakan baju bodo dengan konsep hijab syar'i yang dipakai Enon," sabut dia. "Proses desainnya memakan waktu kurang lebih delapan bulan, mulai dari konsep, desain, sampai jadi (busananya)."

"Kami waktu itu berkolaborasi, saya kirim beberapa desain, dan Alhamdulillah langsung approved. Tidak hanya Enon dan Mas Amar, tapi juga (diterima) keluarga kedua mempelai," imbuh sang desainer.

4 dari 4 halaman

Busana Pengantin

Didiet mengatakan, ada beberapa rangkaian busana yang ia rancang untuk pasangan Amar dan Enon. "Satu untuk busana akad nikah berwarna hijau. Lalu, ada acara intimate wedding di mana kedua mempelai menghabiskan waktu dengan teman-teman dekat. Itu busananya warna putih dan abu muda untuk jasnya mas Amar," bebernya.

Ia menyambung, "Kemudian, tanggal 3 Maret (2024) di Hotel Bidakara Jakarta, (pasangan pengantin) menggunakan (busana) warna silver." Dalam proses desain, Didiet bercerita dirinya terinspirasi pakem busana pengantin tradisional Sulawesi Selatan.

"Saya belajar," ucap sang desainer. "Kebetulan saya diberi kesempatan terlibat dalam beberapa pernikahan pengantin Bugis sejak 2013. Saya belajar dari situ, termasuk bagaimana mengolah sarung sutra yang diproduksi perajin setempat. Jadi, menurut saya, pernikahan Mas Amar dan Enon juga menggerakkan roda ekonomi kreatif dari para perajin di Sulawesi Selatan."

Ia melanjutkan, "Niat saya dari awal, kalau senang, jangan senang sendiri, tapi bersama-sama. Saya punya moto #MariMajuBersama, jadi pas ada project, seperti pernikahan ini, saya mau banyak pihak happy juga. Maka itu, saya melibatkan banyak perajin (dalam merancang busana pengantin Amar dan Enon), baik perajin aksesori, songket sutra, maupun pembuat bordir untuk busana-busananya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini