Sukses

2 Pulau di Indonesia Masuk dalam Daftar Pulau Terbaik 2024 Versi DestinAsian

Tidak hanya pulau, maskapai, hotel, dan resort Indonesia juga masuk dalam daftar DestinAsian Readers’ Choice Awards.

Liputan6.com, Jakarta - DestinAsian kembali merilis penghargaan anualnya, Readers’ Choice Awards, untuk ke-17 tahun ini. Di salah satu kategori, yakni pulau terbaik, terdapat dua pulau di Indonesia dalam daftar tersebut.

Mengutip situs webnya, Rabu, 20 Maret 2024, list tersebut dirilis untuk "merayakan perjalanan terbaik di Asia-Pasifik." Tahun ini, publikasi perjalanan itu memperluas daftar penginapan butik dan menghadirkan kategori baru yang secara terpisah menyoroti hotel dan resort kota di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

"Hasilnya adalah daftar 230 properti yang Anda, para pemilih, anggap sebagai tempat menginap terbaik di kawasan ini, dikumpulkan di sini bersama kota, pulau, jalur pelayaran, maskapai penerbangan favorit, dan masih banyak lagi," katanya, seraya berterima kasih pada para pembacanya.

Di kategori pulau terbaik, Bali menempati puncak daftar, sementara Lombok menutup daftar bergengsi tersebut. Berikut daftar lengkap pulau terbaik versi DestinAsian:

  1. Bali, Indonesia
  2. Maladewa
  3. Phuket, Thailand
  4. Koh Samui, Thailand
  5. Boracay, Philippines
  6. Phu Quoc, Vietnam
  7. Langkawi, Malaysia
  8. Penang, Malaysia
  9. Palawan, Philippines
  10. Lombok, Indonesia

Tidak hanya di satu kategori, ada beberapa wakil Indonesia di kelompok berbeda. Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dan Bandara Internasional Soekarto Hatta masing-masing berada di peringkat ke-4 dan ke-6 dalam kategori bandara terbaik. Garuda Indonesia juga ada di beberapa kategori, yakni ranking ke-6 maskapai penerbangan terbaik.

Lalu, Garuda Indonesia juga masuk di kelompok maskapai dengan kelas ekonomi terbaik, serta maskapai yang punya hiburan dalam penerbangan terbaik. Garuda Miles juga ada dalam daftar program loyalti terbaik, menempati posisi ke-7. Sementara itu, Batik Air ada di peringkat buncit maskapai bujet hemat terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kategori Lainnya

DestinAsian juga punya kategori hotel kota dan resort terbaik di Indonesia. Untuk hotel, daftarnya, yakni:

  1. Four Seasons Hotel Jakarta
  2. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
  3. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan
  4. Grand Hyatt Jakarta
  5. InterContinental Jakarta Pondok Indah
  6. Shangri-La Jakarta
  7. AYANA Midplaza, Jakarta
  8. The Langham, Jakarta
  9. Raffles Jakarta
  10. Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel

Sedangkan untuk resort, daftarnya adalah:

  1. The Apurva Kempinski Bali
  2. The St. Regis Bali Resort
  3. The Ritz-Carlton, Bali
  4. Hotel Indigo Bali Seminyak Beach
  5. Alila Seminyak
  6. Andaz Bali
  7. W Bali - Seminyak
  8. Conrad Bali
  9. Alila Villas Uluwatu
  10. AYANA Resort Bali

Bali juga mendominasi di kelompok butik resort terbaiknya. Berikut daftarnya:

  1. Bulgari Resort Bali
  2. Capella Ubud
  3. Alila Villas Uluwatu
  4. Raffles Bali
  5. 137 Pillars House Chiang Mai
  6. Banyan Tree Samui
  7. The Legian Seminyak, Bali
  8. Aman Kyoto
  9. Banyan Tree Krabi
  10. Amanjiwo

Sebelum ini, Airport Council International (ACI) merilis daftar bandara terfavorit pelanggan. List-nya terbagi dalam beberapa kategori, yakni Bandara Terbaik Berdasarkan Ukuran, Bandara dengan Staf Paling Berdedikasi, Akses Bandara Termudah, Bandara Paling Menyenangkan, dan Bandara Paling Bersih.

 

3 dari 4 halaman

Bandara Favorit Pelanggan

Daftar ini disusun berdasarkan survei pada 600 ribu pelanggan di seluruh dunia terkait layanan bandara di 109 negara selama 2023. Semua kategori ini dipisahkan menurut wilayah masing-masing bandara, yaitu Afrika, Amerika Latin dan Karibia, Amerika Utara, Asia-Pasifik, Eropa, serta Timur Tengah.

Melansir CNN, 17 Maret 2024, di antara sembilan bandara, ada dua bandara dari Indonesia yang bersinar dalam lima kategori di ASQ, yaitu Sultan Hasanuddin International Airport, Sulawesi Selatan, dan Yogyakarta International Airport (YIA). Dua bandara Amerika Serikat (AS): Greenville-Spartanburg International Airport di Greer, Carolina Selatan; dan Gerald R. Ford International Airport di Grand Rapids, Michigan menduduki puncak dan urutan kedua untuk bandara terfavorit para penumpang  pesawat.

Kedua bandara itu jadi perwakilan Amerika Utara dan mengalahkan bandara-bandara besar, seperti Dallas Fort Worth International Airport di Dallas, Texas; dan Toronto Pearson International Airport, Kanada dengan memenangkan beberapa kategori penghargaan AQS. Capaiannya termasuk Bandara Terbaik di Amerika Utara dengan Penerbangan 2 hingga 5 Juta Penumpang per Tahun, Bandara dengan Staf Paling Berdedikasi di Amerika Utara, Akses Bandara Terbaik di Amerika Utara, Bandara Paling Menyenangkan di Amerika Utara, dan Bandara Paling Bersih di Amerika Utara.

4 dari 4 halaman

Destinasi Trending di Dunia

Menambah daftar panjang branding pariwisata Indonesia di panggung dunia, Bandung masuk dalam daftar destinasi trending di dunia pada 2024, menurut TripAdvisor, platform yang mengumpulkan ulasan pelancong dari berbagai negara. Melansir situs webnya, 7 Februari 2024, para pemenang Travelers' Choice Awards Best of the Best adalah destinasi berupa hotel, restoran, dan aktivitas yang menerima ulasan dan opini luar biasa dalam jumlah besar dari komunitas mereka selama 12 bulan.

"Kurang dari satu persen dari delapan juta listing-an TripAdvisor mendapatkan Travelers' Choice Awards Best of the Best, yang menandakan tingkat keunggulan tertinggi dalam bidang perjalanan," sebut mereka.

Bandung berada di peringkat ke-15 sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar bergengsi tersebut. TripAdvisor menulis, "Bandung adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, namun letaknya cukup dekat dengan Jakarta dan menawarkan cuaca lebih sejuk."

"Bandung menampilkan banyak koleksi arsitektur kolonial Belanda, serta taman botani yang indah, kebun binatang, lapangan golf, dan beragam sajian kuliner," imbuh mereka. Pihaknya juga menyoroti bahwa ibu kota Provinsi Jawa Barat ini terkenal akan kegiatan tur dan jalan-jalan, spa, serta pengalaman wisata kuliner lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini